PELATIHAN COPYWRITING BAGI GENERASI MILENIAL DI KECAMATAN CIKOLE KOTA SUKABUMI

Lusi Susilawati, Siska Hestiana, Kokom Komariah, Aris Juliansyah

Abstract


Kegiatan  pelatihan copywriting ini bertujuan untuk memberdayakan generasi milenial di wilayah Kecamatan Cikole Kota Sukabumi yang tidak memiliki pekerjaan namun memiliki keahlian dalam mengoperasikan beberapa aplikasi baik dalam internet maupun telepon seluler. Adapun metode yang berupa Forum Group Discussion dengan mitra yang merupakan pengurus Ranting Selabatu Cabang Cikole yang merupakan penggerak para generasi milenial di wilayah Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, lokakarya awal yang dihadiri oleh generasi milenial dan aparat setempat, penyuluhan kemasyarakatan, dan lokakarya akhir. Sementara itu dalam pemberian materi pelatihan, digunaka 3 jenis metode pengajaran berupa ceramah, diskusi serta demo program.  Hasil dari pelatihan ini adalah pemahaman dan keterampilan para peserta terhadap materi copywriting yang dapat dibuktikan dengan digunakannnya teknik copywriting terhadap produk UMKM. Sehingga kegiatan ini sangat memberikan kontribusi terhadap beberapa produk UMKM yang tersebar di Wilayah tersebut, khususnya produk-produk makanan tradisional. Kegiatan ini diharapkan dapat dikembangkan dengan diberikannya teknik pemasaran secara digital yang melibatkan market place yang terkemuka.

 

Keywords


Copywriting, Generasi Milenial, Pemasaran Digital

Full Text:

PDF

References


Albrighton, T., 2010. The ABC of Copywriting, ABC Business Communications Ltd.

Bisoyi, D., 2013. Effective Communication of Product Information: A Copy Writing Methodology. IOSR J. Humanit. Soc. Sci. 6, 1–3. https://doi.org/10.9790/0837-0640103

Burhanuddin, N., 2022. Dampak Penerapan Metode Diskusi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi belajar Peserta Didik di SDN 168 Sumbang. Istiqra 9.

Childs, R.D., Robinson, P., Mcgovern, T.M., Gingrch, G., 2015. The Millenial Generation, in: Transforming American Government. Routledge, New York, p. 307.

Hasibuan, N., 2013. Kriterian Pemilihan Metode Mengajar dalam Kegiatan Pembelajaran. Ta’allum 1.

Kusuma, I.L., Fitria, T.N., Dewi, M.W., 2021. Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Peluang Bisnis Untuk Generasi Milenial Di Soloraya Selama Masa Pandemi Covid-19. Budimas J. Pengabdi. Masy. 3, 315. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.2450

Linda Wijayanti, Sukwadi, R., Prasetya, W., Azels, W.A., 2022. Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Umkm Binaan Asppuk. J. Bakti Masy. Indones. 5, 117–125. https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i2.18245

Magdalena, N., Aprillia, A., Setiawan, R., 2022. Evaluasi Kinerja Marketing Digital. J. Integr. Syst. 5, 99–106. https://doi.org/10.28932/jis.v5i1.4133

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Adhariyanty Rahayu, W., Yulia Riska, S., Arya Sapoetra, Y., 2021. Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. J. Pengabdi. Masy. 2, 91–102. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3212-3217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.