PENYULUHAN DIGITAL MARKETING DI DESA TUGUBANDUNG KABUPATEN SUKABUMI

Siska Hestiana, Leonita Siwiyanti

Abstract


Pengabdian masyarakat di Desa Tugubandung, Kabupaten Sukabumi bertujuan untuk mempromosikan wisata melalui digital marketing. Hal ini dikarenakan para pelaku UMKM di Desa Tugubandung masih melakukan pemasaran produk berupa objek wisata dan produk UMKM secara tradisional. Metode yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini yaitu berupa penyuluhan mengenai pariwisata dan digital marketing yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam hal promosi objek wisata dan produk UMKM secara digital. Desa Tugubandung memiliki potensi wisata yang besar berupa alam dan segala sumber dayanya, hasil alam ini dimanfaatkan menjadi produk-produk yang diolah di industri rumahan seperti produk teh rosella, makanan rengginang, enye, dan sebagainya. Pemasaran yang masih bersifat tradisional kurang mendukung potensi wisata yang dimiliki daerah ini, sehingga digitalisasi pemasaran sangat diperlukan untuk menyangga potensi wisata tersebut dan memungkinkan desa ini menjadi desa wisata di masa yang akan datang. Penyuluhan dilakukan dengan cara pemberian informasi terkait produk seperti packaging, dan cara memasarkan produk di beberapa platform digital seperti WhatsApp bisnis, dan media sosial lainnya. 


Keywords


Digital marketing, potensi wisata, promosi, UMKM

Full Text:

PDF

References


Arofah, A., Achsa, A., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Tidar Magelang, U. (2022). Analisis Penggunaan Digital Marketing Sebagai Upaya Pemulihan Pariwisata Di Era New Normal (Studi Kasus Pada Taman Kyai Langgeng Magelang). JAMBURA, 5(1), 15–26. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Azmi, D., Strategi, F., Produk, P., Melalui…, U., Kasus, S., Usaha, K., Kremes, ", Di, U. ", Cibunar, D., Rancakalong, K., Dian, S. ), Fadhilah, A., & Pratiwi, T. (2021). Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopettition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.

Febriani, R. (2021). PENYULUHAN PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM KERIPIK CIPING DESA SUKAWANA CURUG KOTA SERANG. ABDIKARYA, 3(2), 194–202. https://www.iimers.com/data-perkembangan-digital-di-indonesia-tahun-2021/

Imaduddin, & Apriliana, T. A. (2022). WISATA LITERASI DIGITAL : PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KONTEN KREATIF WISATA LITERASI DIGITAL BAGI FORUM (TBM) TAMAN BACAAN MASYARAKAT KOTA BEKASI. MARTABE, 5(10), 3444–3451. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3444-3451

Komariah, K., Siwiyanti, L., MRamdan, A., & Nurmilah, R. (2023). PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN TERPADU TERINTEGRASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM KOTA SUKABUMI. MARTABE, 6(6), 1887–1892. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1887-1892

Nastain, M. (2017). BRANDING DAN EKSISTENSI PRODUK (KAJIAN TEORITIK KONSEP BRANDING DAN TANTANGAN EKSISTENSI PRODUK). CHANNEL, 5(1), 14–26.

Putra, Y., Santoso, P. Y., & Rama Adhypoetro, R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr

Riadi, M. (2020). Merek / Brand (Pengertian, Bagian, Fungsi, Jenis dan Tahapan Perkembangan). Kajian Pustaka. https://www.kajianpustaka.com/2020/05/merek-brand.html

Wartika, M. B. L. P., Mahendra, A. A. P. P., Wirawan, P. A., & Wirsa, N. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi. PANRITA_ABDI, 7(2), 285–292.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3234-3242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.