LOKA KARYA (WORKSHOP) PENERAPAN APLIKASI PENILAIAN KINERJA SISTEM IRIGASI DI UPTD CIBADAK KABUPATEN SUKABUMI

Puji Harsanto, Tahadjuddin Tahadjuddin, Jazaul Ikhsan, Hartono Hartono, Nia Kartika, Asril Adi Sunarto

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan implementasi kerjasama bidang pengabdian dengan mitra dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi, dengan personal in charge adalah Ir. Tahajudin, SP., IPM program Studi Teknik Sipil. Kegiatan direncanakan berupa pendampingan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Geografi Operasional dan Pemeliharaan Irigasi (SIGOPI) di dinas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi. Aplikasi ini berguna dalam melihat kondisi kinerja Daerah Irigasi (DI) dari sisi kondisi bangunan dan sistem irigasi. Hasilnya berupa rekomendasi skema operasional yang tepat dan pemeliharaan bangunan yang tepat pula. Diharapkan dengan aplikasi ini, dapat memberi masukan dalam keputusan pemeliharaan bangunan yang tepat sasaran. Dengan demikian kinerja DI menjadi optimal dan dalam jangka menengah dapat meningkatkan produksi pangan terutama padi. Secara kebencanaan dapat mengurangi resiko bencana kekeringan dan meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini sesuai dengan Peta jalan ketua pengabdian di tahun 2022 yaitu tindak kanjut dari evaluasi dalam peran mengurangi resiko bencana kekeringan, yaitu dengan optimalisasi Aplikasi SIGOPI. Peranan dari tenaga ahli dari UMY dapat memberi masukan dari sisi Sistem Informasi Geografis dan Irigasi yang diwakili oleh Ir. Puji Harsanto, ST., MT., Ph.D dan Ir. Jazaul Ikhsan, ST., MT., Ph.D., IPM.

Keywords


Irigasi; Loka karya; Aplikasi; SIGOPI

Full Text:

PDF

References


Azzahra, F., Kartika, N., Robial, S.M., dan Tahadjuddin (2023). Analisis Kerusakan Saluran Irigasi Primer Daerah Irigasi (DI) Cikahuripan Kabupaten Sukabumi, Agregat 8(1).

Direktorat Irigasi dan Rawa (2013). Standar Perencanaan Irigasi: Persyaratan Teknis Bagian Perencanaan Jaringan Irigasi (PT-01). Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.

Menteri PUPR (2015). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 12/PRT/M/2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi. Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3397-3402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.