EFEKTIVITAS SOSIALISASI PENGAJUAN KREDIT USAHA RAKYAT(KUR) UNTUK PENGEMBANGAN UMKM DI BANK BRI KCP WR SUPRATMAN KOTA DENPASAR

Made Pradnya Wulandari, I.A. Oka Martini

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas sosialisasi KUR dalam pengembangan UMKM di Bank BRI KCP WR Supratman kota Denpasar. KUR merupakan program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan akses permodalan yang mudah dan terjangkau bagi UMKM. Adapun metode yang digunakan adalah metode pengabdian dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawanncara dengan informan, dan dokumentasi. Hasil dalam kegiatan ini menunjukkan bahwa sosialisasi KUR yang dilakukan oleh BRI KCP WR Supratman cukup efektif dalammeningkatkan pembangunan melalui partisipasi UMKM di kota Denpasar sebagai tambahan sumber permodalan. Namun, masih ada kekurangan dalam hal peningkatan penyebaran dan pemahaman informasi, serta mengatasi hambatan yang ada. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang Bank BRI serta pemangku kepentingan lainnya dapat meningkatkan efektivitas sosialisasi KUR dan mendukung pengembangan UMKM Indonesia.



Keywords


Efektivitas Sosialisasi, Kredit Usaha Rakyat, UMKM

Full Text:

PDF

References


Bayhaqi, Mohamad Rify. 2019. “Impleementasi Krediit Usahha Rayat KUR) BRI Syaria KCP Bojoneggoro pada UMKM Diss”. Universitas Islam Negeeri Maulana Maalik Ibrahim,

Changes,Tim.2021. Buku Panduan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan. Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

Damanik, HANNA M., Melisa TA Simmata, and Romindo M. Pasaribu. 2018. “KEBIJAkKAN PROGRAM KUR DENGAN SUKU BUNGA DALM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI KECAMATAN MEDAN AMPLAS”. JURNAL ILMIAH KOHEESI 2. 3

Dianng Ratri, E. F. 2022. Efektiviitas Penyaluran Usaha Rakyat di BRI Unit GotoongRoyong Terhadap Eskalasi UMKM Pada MAasa PandemiI Covid- 19 (Doctoraldissertataion, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Lastina, N. L. M. A. D, & Budi, M. K. S. (2018). “Efektiivitas PenyaluIran Kredit Usahha Rakyat PT BRI (Persero) Unit Blahkiuh Terhadap Produktivitas UKM”. E-JournalEkonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(4), 959-986.

NURMILASARII R, N. R. 2021. PERSEPSI NASABAAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBERIAN KREDIT USSAHA RAKYA DI BANK BRI UNIT WASUPOUNDA (Doctora dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)). dissertation, (IAIN Palopo)).

Permadi, I. A. 2022. “Efektivitas Pelaksanaaan Metoode Restrukturisasi Kredit Sebagai Strategi Penyellamatan Non Performing Loaan Di MasaPandemii Pada Bank BRI” (Doctoral dissertation Fakulas Ekonoomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam.

Permadi, I. A. 2022. “Efektivitas Pelaksanaaan Metoode Restrukturisasi Kredit Sebagai Strategi Penyellamatan Non Performing Loaan Di Masa Pandemii Pada Bank BRI” (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonoomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah).

Rahmi, N. 2022. “Analisis Peran Pembiayaan Mikro Dalam Meningkatkan Pendaapatan UMKM Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram” (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Ratri, Eka Febriana Dianing.2022. Efektifitas Penyalluran Kredit Usaha Rakyar di BRI Unit Gotong Royong Terhadap Esklasi UMKM. Skripsi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Riwan dan Kusrnawan. 2018. “Penggaruh Modall Sendiri dan Kredit Usaaha Rakyat Terhadap Pendapatan Usaha. E-Jurnal Akuntansi dan Pajak. Vol 19, No 01. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Sarmigio, Elexx. 2020. Analiisis Pengaruhi Covid-19 Terhadaap Perkembangan UMKM di Kabuppaten Keeerinci, Jurnal: Al Dzahab Islamic Economy. Vol.1 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3254-3259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.