PENGENALAN TEKNOLOGI URBAN FARMING PADA LAHAN SEMPIT PERUMAHAN BERSUBSIDI DI KOTA BENGKULU

Anandyawati Anandyawati, Firdha Iresta Wardani, Agung Trisusilo

Abstract


Kegiatan PPM IPTEKS ini mampu menjawab persoalan mitra yaitu : 1) Perumahan belum memiliki struktur kepengurusan yang terdaftar secara sah, 2) Belum ada kelompok-kelompok masyarakat yang terbentuk di masyarakat seperti kelompok pengajian, arisan dan lain sebagainya, 3) Dominasi ibu-ibu perumahan beraktivitas di rumah (ibu rumah tangga) yang memerlukan kegiatan tambahan yang bermanfaat dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga, 4) Pemanfaatan lahan sempit perkotaan yang belum optimal dan 5) Persoalan pemenuhan kebutuhan pangan keluarga secara mandiri. Kegiatan PPM IPTEKS ini adalah sebagai batu loncatan pembentukan Kelompok Pengajian Al-Khoir. Kegiatan rutin dirancang 1 bulan sekali berupa pengajian, arisan dan adanya kajian-kajian yang bermanfaat untuk ibu-ibu perumahan. Diharapkan dengan adanya wadah ini kehidupan sosial bermasyarakat lebih tertata dengan baik karena rasa simpati, empati dan gotong royong terbangun. Kegiatan ini juga mendorong masyarakat mampu mengelola limbah rumah tangga dan memanfaatkan lahan pekarangan untuk menghasilkan kebutuhan pangan secara mandiri. Tiga kegiatan utama yaitu : 1) Pengelolaan limbah rumah tangga dengan metode Takakura, 2) budidaya ikan dalam ember dan 3) Pemanfaatan lahan pekarangan dengan teknologi urban farming diharapkan dapat mendorong terwujudnya keluarga dengan kebutuhan pangan yang stabil dan mandiri.


Keywords


Budikdamber, Limbah Organik, Rumah Subsidi, Takakura, Urban Farming

Full Text:

PDF

References


Adipu Y, Rovik A. 2018. Performa kualitas telur Ikan Gabus (Channa striata blkr) dengan pemberian pakan berbeda dalam wadah terkontrol. Gorontalo Fisheries Journal. 1(1): 70-79.

BPBD Jawa Barat. 2022. Pengomposan Metode Takakura .https://bpbd.jabarprov.go.id/takakura-dan-manfaat-pengomposan/. Diakses pada 10 Januari 2023.

Badan Standardisasi Nasional. (2004)Standar Nasional Indonesia 19-7030-2004 Spesifikasi Limbah Domestik.

Jimenez-Antillon, Joaquin et al. “Food Waste Recovery with Takakura Portable Compost Boxes in Offices and Working Places”2018.

Murjani A. 2016. Budidaya beberapa varietas ikan sepat rawa (Trichogaster trichopterus Pall) dengan pemberian pakan komersial. Fish Scientiae. 1(2): 214-232.

Nofyan E. 2017. Pengaruh pemberian pakan dari sumber nabati dan hewani terhadap berbagai aspek fisiologi Ikan Gurami (Osphronemus Gouramy L. Jurnal Iktiologi Indonesia. 5(1): 19-23.

Nurdini, L., Amanah, R.D., & Utami, A. N. (2016). Pengolahan Limbah Sayur Kol menjadi Pupuk Kompos dengan Metode Takakura. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan,” 6.

Perwitasari DA, Amani T. 2019. Penerapan sistem akuaponik (budidaya ikan dalam ember) untuk pemenuhan gizi dalam mencegah stunting di Desa Gending Kabupaten Probolinggo. Abdi Panca Marga. 1(1): 20-24.

Pramleonita M, Yuliani N, Arizal R, Wardoyo SE. 2018. Parameter fisika dan kimia air kolam ikan nila hitam (Oreochromis niloticus). Jurnal Sains Natural. 8(1): 24-34

Solaiman S, Sugihartono M. 2017. Performance pertumbuhan beberapa populasi Patin Siam (Pangasianodon Hypophthalmus) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 12(3): 28-34.

Susetya IE, Harahap ZA. 2018. Aplikasi budikdamber (budidaya ikan dalam ember) untuk keterbatasan lahan budidaya di Kota Medan. ABDIMAS TALENTA. 3(2): 416-420.

Rosniawaty, S., Maulina, A., Suherman, C., Soleh, M.A. dan Sudirja, R. 2020. Modifikasi Penggunaan Subsoil Melalui Penambahan Bahan Organik Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Kopi Arabika (Coffea arabica L.). J.Paspalum. 8(1) : 37-45.

Warjoto, R.E., “ Metode Komposting Takakura untuk Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga di Cisauk, Tangerang “, UKI Atmajaya, 2017.

Widikusyanto, M.J., Wahyu, O.W. dan Hermansyah, A.W. (2015).

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembentukan Bank Sampah dan Pembuatan Pupuk Kompos dengan Metode Takakura untuk Mengatasi Masalah Sampah dan Pembiayaan Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Sinergi Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha Untuk Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan: Kesehatan dan Lingkungan Hidup. Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM CSR). Tanggerang: UMN Press. 2015. pp. 111-121.

Ying, G.H. dan Ibrahim, M.H. (2013). Local Knowledge in Waste Management: a study of Takakura home method. JECET, 2(3): 528-533




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3243-3253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.