UPAYA MEMBANGUN MINAT BELAJAR ANAK-ANAK PEMULUNG MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI BASIRIH 4 KOTA BANJARMASIN

Yuli Apriati, Cucu Widaty

Abstract


Sekolah Dasar adalah tempat bagi siswa untuk menuntut ilmu. Seringkali kita temukan siswa kurang bersemangat dalam menuntut ilmu dan kurang memahami terhadap apa yang telah disampaikan oleh gurunya. Terutama bagi mahasiswa yang sambil bekerja sebagai pemulung, sehingga ditemukan banyak siswa yang memilih berhenti sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk membangun minat belajar dengan menggunakan model dan permainan edukatif yang mudah dan menyenangkan serta meningkatkan motivasi dan kesadaran akan pentingnya pendidikan, khususnya pada kelas bawah, karena materi pembelajaran pada kelas bawah harus berbentuk kongkrit atau nyata. Pelaksanaan pengabdian dengan melakukan praktik langsung mengajar di kelas dua dan kelas tiga, dengan menggunakan model dan permainan edukatif, yaitu permainan monopoli dan nilai tempat bilangan menggunakan media belajar untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Siswa-siswa peserta PKM sangat antusias dan dapat memahami pelajaran dengan baik. Nampak dengan mereka selalu mengacungkan tangan dan meminta tambahan jam pelajaran untuk melanjutkan permainan. Anak-anak pemulung termotivasi dan memahami pentingnya belajar dan bersekolah, serta termotivasi tidak putus sekolah dan bersemangat bersekolah serta mempunyai cita-cita di masa depan.


Keywords


Minat Belajar, Permainan Edukatif

Full Text:

PDF

References


Akmal, A. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3, 8–17.

Apriati, Y., Azkia, L., & Mangkurat, U. L. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pendidikan Sosial Budaya Berbasis Permainan Rakyat di Masyarakat Lahan Basah. 3(6), 4952–4960.

Banjarmasin, D. L. H. K. (2020). “Profil TPA Basirih". Dlh.Banjarmasinkota. https://dlh.banjarmasinkota.go.id/2020/07/profil-tpa-basirih.html.

Indonesia, U.-U. R. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Hak Asasi Manusia. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/7185/UU391999.htm

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208.

M. Fadillah. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. PG-PAUD Univeristas Muhammadiyah Ponorogo.

Margaretha, & Anggal, N. (2017). KEGIATAN TEMU MINGGU MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN Tinggi Kateketik Pastoral Katolik Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda Stasi Santo Matius , Paroki Santo Yosef Bontang dalam proses pembinaan iman anak dalam pengamatan awal penulis , belum berjalan de. 1(2), 106–113.

Mattiro, S., Ruswinarsih, S., & Azkia, L. (2022). Membangun Minat Belajar Anak-anak Pesisir Melalui Gerakan Literasi Media Digital Pemutaran Film Nasional Pendidikan. Carmin: Journal of Community Service, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.59329/carmin.v2i2.68

Neni Triastuti, & Fahmi Sulaiman. (2022). Upaya Peningkatan Minat Belajar di Era New Normal Pada Anak-Anak Warga Dusun II Desa Tumpatan. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 237–241. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.296

Pendidikan, D. P. (2023). Data Pokok Pendidikan.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Sutardji. (2009). Karakteristik Demografi Dan Sosial Ekonomi Pemulung. Jurnal Geografi FIS-UNNES, 6(2).

Widaty, C., & Apriati, Y. (2023). ANAK-ANAK PEMULUNG DI KAWASAN PERMUKIMAN AKHIR BASIRIH KOTA BANJARMASIN Komitmen tentang Pendidikan untuk dapat terpenuhi sesuai harapan banyak nafkah dengan cara memanfaatkan dan Manusia , yaitu Pasal 60 yang berbunyi : 6, 256–264.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4165-4173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.