PEMANFAATAN GAME ASTRONOMI ROKET TANGGA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ASTRONOMI SISWA SDN NGOLO

Isma Alip, Dedi Wahab, Berlian Hamsa, Hamzarudin Hikmatiar, Santi H. Jaudin

Abstract


Tujuan kegiatan PKM adalah untuk meningkatkan literasi astronomi siswa SDN Ngolo melalui game astronomi roket tangga. Hal ini dianggap penting karena pembelajaran astronomi dalam beberapa tahun belakangan tidak menjadi prioritas dalam kurikulum. Apalagi SDN Ngolo sendiri berada pada daerah dengan mata pencaharian nelayan dan petani. Berdasarkan permasalahan tersebut sehingga PKM ini dianggap penting untuk diterapkan pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pegabdian terbagi menjadi tiga tahap diantaranya tahap persiapan, tahap implementasi, tahap monitoring dan evaluasi. Namun sebelum ketiga tahap diterapkan, terlebihdahulu dilakukan perencanaan kegiatan. Hasil angket pretest dan posttest yang diperoleh dalam kegiatan yaitu terdapat peningkatan literasi astronomi siswa SDN Ngolo dimana hasil analisis tea memiliki signifikansi yaitu 0.000 lebih kecil dari 0.05. Selain itu total skor yang diperoleh dari hasil angket pretest 309 dan posttest 606. Penerapan game astronomi roket tangga dianggap berhasil memicu minat belajar astronomi siswa SDN Ngolo melalui konsep game yang menyenangkan. Penerapak game tersebut bisa menjadi refrensi bagi pengajar untuk bisa menciptakan konsep belajar yang kreatif dan inovatif.


Keywords


astronomi, game astronomi, roket tangga. Peningkatan, literasi

Full Text:

PDF

References


Burhani. (2020). Pendampingan Siswa Olimpiade Sains Astronomi dan Kebumian Dengan Metode Hati (Humble, Appreciation, Trust, Dan Impressive). Jurnal Education of Batanghari, 2(12), 27–35.

Cayati, Jusmawati, Hafid, B., Evi, S., & Mansyur, R. (2023). Pun Games Pengembangan Diri SDN 69 Batu Tiroa. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 2027–2033.

Endaryono, Mahyudii, & Saputra, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 2238–2246.

https://animasistudio.com/video-animasi-sebagai-media-pembelajaran/

Erfan, M., Widodo, A., Umar, Radiusman, & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 21(1), 31–46.

Hikmatiar, H., Khusnani, A., Jufriansah, A., & Hikmah, F. N. (2023).

Stellarium Sebagai Media Pengamatan Astronomi: Respon Siswa Suku Sikka Krowe, Kelurahan Waipare. Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran Dan Aplikasinya, 14(1), 19–26. https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i1.24240

Julianti, V., Permana, A. H., & Fahdiran, R. (2022). Pengembangan E-Modul Astrofisika sebagai Modul Pendamping Persiapan KSN Astronomi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2022, 10, 45–50.

Lamote, H. (2017). Kesulitan-Kesulitan Guru Matematika dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah di Labibia. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 55–72. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Poerana, A. F., Hariyanto, F., Oxygentri, O., & Lubis, F. M. (2022). Peningkatan Kapasitas Pembelajaran Santri Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial di Pondok Pesantren An-Nihayah Kabupaten Karawang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), 287–297.

Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513–515. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/447

Saputra, O. (2018). Revolusidalam Perkembangan Astronomi: Hilangnya Pluto Dalam Keanggotaan Planet Pada Sistem Tata Surya. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 71–74. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i2.13992




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3380-3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.