AKTUALISASI LITERASI DAN PENGELOLAAN KEUANGAN TERPADU KEPADA KELOMPOK GURU TAMAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TPAUD) DI LINGKUNGAN KEBUN DAN UNIT PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PTPN IV AEK JAMU

Haryani Pratiwi Sitompul, Chairina Rizkianda, Choms Gary Ganda Tua Sibarani, Haryadi Haryadi, Jabal Ahsan, Dede Ruslan, Weny Nurwendari, Andri Zainal

Abstract


Desa Perkebunan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Ajamu merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara. Desa tersebut merupakan sentra operasional perkebunan dan produksi olahan utama kelapa sawit yakni Crude Palm Oil (CPO) dari PTPN IV. TK PAUD Parmadi Siwi merupakan lembaga pendidikan formal binaan PTPN dan difasilitasi oleh PTPN. Fasilitas yang tersedia di TK PAUD Parmadi Siwi tidak dapat dimanfaatkan secara optimal oleh guru karena rendahnya kompetensi pemanfaatan teknologi informasi guru TK PAUD Parmadi Siwi. Peserta didik di TK PAUD Parmadi Siwi memerlukan edukasi literasi keuangan melihat dari pendapatan masyarakat Desa PTPN IV Ajamu yang relatif stabil namun anak usia dini tidak diberikan edukasi mengenai literasi keuangan. Pelatihan pembuatan rapot menggunakan excel dan edukasi literasi keuangan menggunakan busy book menjadi solusi dari permasalahan yang ada di Desa PTPN IV Ajamu. Kegiatan dilakukan pada hari yang berbeda. Hasil dari kegiatan adalah peningkatan kompetensi guru terhadap pemanfaatan teknologi dan peserta didik yang mulai memahami tentang literasi keuangan sehingga dapat menggunakan uang dengan bijak. Saran untuk kedepannya adalah pemantauan dari pemerintah desa untuk program ini agar terus berdampak positif bagi guru dan peserta didik TK Parmadi Siwi.

 


Keywords


teknologi informasi; literasi keuangan; ms excel; anak usia dini; Aek Jamu.

Full Text:

PDF

References


Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3836–3845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920

Maghfiroh, W. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), 20–28. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800

Sari, A. Y., & Sa`ida, N. (2021). Investasi Edukasi Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2085–2094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1369

Sulistyowati, N. W., Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., Sussalaikah, K., Risti, D. S., & Fadilah, I. A. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN MELALUI KESENIAN DONGKREK MADIUN. WIkrama Parahila: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4719

Widiasavitri, P. N., Tobing, D. H., Luh, N., & Desira, I. (2023). Pemberian Permainan Congklak dan Dongeng Daring untuk Meningkatkan Kesiapan Siswa TK B Memasuki Sekolah Dasar ( SD ). 14(1), 142–149.

Otoritas Jasa Keuangan. LITERASI KEUANGAN BAGI ANAK USIA DINI: APA PENTINGNYA? Tips Keuangan. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20629




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3170-3176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.