PENGENALAN TEKNIK PEMELIHARAAN DAN MANFAAT JAMBU KRISTAL DI DESA MEKAR JAYA, KECAMATAN BANJARAN, KABUPATEN BANDUNG

Santi Rosniawaty, Mira Ariyanti, Erni Suminar, Rija Sudirja

Abstract


Konsumsi buah-buahan sangat dianjurkan untuk peningkatan gizi masyarakat dan ketahanan tubuh. Namun demikian kemampuan untuk membeli buah-buahan masih terbatas karena pada umumnya masyarakat lebih mementingkan untuk membeli kebutuhan pokok. Ditengah masa endemi ini, diperlukan daya tahan tubuh yang tinggi agar tidak sakit, salah satunya melalui asupan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Melalui penanaman jambu kristal dan dipelihara dengan baik di pekarangan rumah masyarakat, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gizi (khususnya vitamin C) secara mandiri tanpa membeli. Dipilihnya Kampung Empel, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung karena merupakan daerah yang cocok untuk ditanami jambu kristal dan masyarakatnya mempunyai pekarangan yang luas. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah penjajagan, penyuluhan, pendampingan dan evaluasi. Materi yang diberikan saat penyuluhan adalah pemeliharaan tanaman jambu kristal dan manfaatnya untuk kesehatan. Kegiatan yang dilakukan adalah persiapan bibit jambu kristal, penanaman jambu kristal di halaman dan pemeliharaan jambu kristal. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat lebih mengenal pemeliharaan jambu kristal dan manfaat buah jambu kristal  serta peningkatan minat masyarakat untuk meningkatkan gizi dan daya tahan tubuh melalui konsumsi jambu kristal, mengingat masa pandemi covid saat itu. Kegiatan penyuluhan ini berdampak positif terhadap prospek dan minat untuk menanam jambu kristal di pekarangan rumah.


Keywords


gizi, jambu kristal, pemeliharaan

Full Text:

PDF

References


Andayani S.A., A. Sumarna , A. Ferdiana. 2014. Andayani S.A., A. Sumarna, A. Ferdiana. 2014. Analisis Tataniaga Dalam Usahatani Jambu Kristal (Psidium guajava L) Suatu Kasus di Desa Jayi Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Vol. 2 (2) : 8-25.

CNN Indonesia. 2021. Kandungan dan 7 Manfaat dari Mengkonsumsi Jambu Kristal.: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210806165112-267-677424/kandungan-dan-7-manfaat-dari-mengkonsumsi-jambu-kristal.

Guntarti, A. dan W.N. Hutami. 2019. Validation and Vitamin C Testing in Crystal Guava (Psidium guajava L.) With Variations of Origin With the HPLC Method (High Performance Liquid Chromatography). International Journal of Chemistry; Vol. 11, No. 1: 52-59. Published by Canadian Center of Science and Education

Kementrian Pertanian. 2021. Budidaya Jambu Kristal. https://dinpertanpangan.demakkab.go.id/?p=2000

Putri, K.S., 2019. Budidaya Jambu Kristal. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pertanian Provinsi Jawa Barat




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3205-3211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.