PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN MINDFULLNESS PADA SISWA KELAS XII DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR DAN LOMBOK TENGAH

Dewi Yulianti, Fitri Aulia, Marfuatun Marfuatun, Musifuddin Musifuddin, Baiq Mahyatun, Takiuddin Takiuddin, Desi Ariska

Abstract


Mindfullness dimaknai sebagai kesadaran. Mindfulness akan membantu siswa lebih sadar akan keadaan sekitar serta mampu menerima emosi secara terbuka.. Kondisi ini perlu ditingkatkan agar siswa mampu menyadari tanggung jawabnya sebagai seorang siswa, salah satu tanggung jawab sebagai seorang siswa adalah menentukan pilihan karir di sesuaikan dengan bakat serta minatnya. Dengan meningkatnya Mindfullness pada diri  siswa tentunya mereka dapat secara sadar dan penuh rasa tanggung jawab untuk dapat menentukan serta memilih arah karirnya. Layanan bimbingan klasikal merupakan bimbingan yang diberikan kepada sejumlah siswa dalam satu kelas. Dengan fungsi utama pencegahan, pemahaman dan pemberian informasi. Sasaran program adalah siswa kelas XII di beberapa sekolah yang berasal dari Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Tengah. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu (1) perancangan program layanan dalam bentuk dokumen rencana pelaksanaan layanan (RPL), (2) pengisian skala mindfulness, (3) pemberian layanan bimbingan klasikal dengan materi ABCD yang sudah disiapkan, (4) evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. Adapun hasil yang diperoleh yaitu mindfulness siswa ditemukan berbeda-beda di setiap sekolah sasaran, ada yang masuk kategori sedang, dan tinggi. Layanan bimbingan klasikal tergolong dalam kategori efektif dalam meningkatkan mindfulness siswa. Adapun factor pendukung keberhasilan adalah (1) sikap terbuka dan aktif dari siswa, (2) komitmen untuk mncapai cita-cita (3) motivasi untuk bisa mencapai kesukessan di masa depan

Keywords


mindfulness, bimbingan klasikal, studi lanjut

Full Text:

PDF

References


Achmad, Juntika Nurihsan. 2006. Bimbingan Dan Konseling, Bandung: Refika

Ahmad Sugandi. 2008. Teori Pembelajaran, Semarang: UPT MKK UNNES.

Gazda, 1984. Group Counseling A Developmental Approach. Third Edition. Toronto: Allyn and Bacon. Inc

Siwabessy, L. B., & Sri Hastoeti. 2008. Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan.

Winkel W.S. dan MM.Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf Syamsu, Nurihsan A Juntika. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.3968-3976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.