PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU IPA MELALUI PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM IPA TERPADU BERBASIS MASALAH

Nur Azizah Lubis, Numasyitah Numasyitah, Molani Paulina Hasibuan

Abstract


Keterampilan guru IPA di SMP Negeri 9 Langsa dapat ditingkatkan dengan mengikuti pelatihan pembuatan modul praktikum IPA Terpadu berbasis masalah. Dalam pembelajaran IPA Terpadu perlu dilakukan praktikum agar teori yang sulit dipelajari dapat dipahami dengan praktek. Oleh karena itu, guru IPA perlu terampil dalam membuat modul praktikum. Pelatihan yang diberikan oleh tim pengabdian Universitas samudra bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan guru IPA dalam membuat modul praktikum IPA Terpadu berbasis masalah secara mandiri. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah tingkat pemahaman guru IPA meningkat dalam membuat modul praktikum dari 18,3% menjadi 81,7%. Guru memiliki motivasi yang cukup tinggi dan memiliki kreativitas dalam membuat modul praktikum IPA terpadu berbasis masalah. Guru memiliki tingkat pemahaman yang sangat paham sebesar 80,4%, yang dapat dikatakan keterampilan guru juga meningkat dalam membuat modul praktikum IPA terpadu berbasis masalah. Guru IPA dalam pelatihan ini berhasil membuat modul praktikum IPA terpadu berbasis masalah untuk 7 materi yaitu pencermaran lingkungan air, pencermaran lingkungan tanah, pencemaran lingkungan udara, sistem pencernaan, materi zat aditif, energi dan perubahannya, cahaya dan optik.  Modul praktikum yang telah dibuat oleh guru IPA dalam pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan siswa secara aktif, kreatif, dan inovatif. dalam kurikulum merdeka belajar.


Keywords


modul praktikum, IPA terpadu, berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


Budiaji, W. 2013. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2, 127–133.

Budiani, S., Sudarmin, & Syamwil, R. 2017. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6, 45–57.

Chiappetta, E. L., & Koballa, T. R. 2010. Science Instruction In The Middle And Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge And Skills. New York: Allyn & Bacon.

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

LAN. 2009. Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor: 5 tahun 2009. Lembaga Administrasi Negara.

Purwanto, M.E., dan Hasim, I. 2022. Sikap Guru Dalam Melaksanakan Kebijakan Kurikulum Paradigma Baru. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9 (2), 182–196.

Stoffels, N. T. 2005. “There Is A Worksheet To Be Followed”: A Case Study Of A Science Teacher’s Use Of Learning Support Texts For Practical Work. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 9(2), 147–157.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3131-3138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.