OPTIMALISASI BRANDING AWARENESS UNTUK PERLUASAN PASAR DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING UMKM MIE LETHEK DAN TAHU BACEM DI DESA TRIMURTI SRANDAKAN BANTUL

Desi Susilawati, Parwoto Parwoto, Ervina Ratna Ningsih, Resma Kurnia Turidho

Abstract


Setiap daerah hampir pasti memiliki makanan atau kuliner khas. Mie lethek merupakan salah satu kuliner khas daerah Bantul. Letek adalah kata dalam bahasa Jawa yang artinya kotor atau kusam. Sebutan ini muncul karena warna mie yang tidak putih bersih melainkan putih kusam kecokelatan dan kurang menarik. Bahan utamanya adalah tepung tapioka dan singkong (singkong kering). Sentra produksi mie lethek berada di Dusun Nengahan dan Gunung Saren Lor, Kecamatan Srandakan, Bantul, dan Yogyakarta.Permasalahan yang dihadapi mitra dalam bidang pemasaran adalah kemasan yang masih sangat sederhana dan kurang menarik. hanya di bungkus plastik dengan logo usang. Logo, slogan, serta informasi produk dan pemasaran masih belum tersentuh teknologi atau masih bersifat konvensional, sehingga dibutuhkan ide-ide kreatif untuk berinovasi. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkuat brand awareness dan digitalisasi pemasaran yaitu pemasaran melalui media sosial untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga dapat meningkatkan kapasitas produksi dengan kualitas dan kemasan display yang menarik konsumen serta meningkatkan jumlah penjualan untuk perluasan pasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah participatory rural appraisal (PRA) melalui penyuluhan dan pelatihan.Output dari program ini adalah memperkuat branding produk Mie Lethek dan Tahu, sehingga pemasarannya menarik dan meluas dengan memfokuskan pemasaran di media sosial. Seperti pembuatan spanduk, WhatsApp Business, Pembuatan media promosi online Facebook, Instagram, Website, Youtube, packaging, dan video proses produksi, serta poin Google Maps Logo produk yang lebih “eye-catching”. Kemasan produk ini diperbaiki untuk kemasan yang estetik. Selain itu dibuat pula banner dan neon box untuk branding lokasi, seperti serta poin Google Maps karena perkembangan bisnis sangat dinamis, aspek pemasaran ini harus terus dikembangkan sesuai dengan tren pasar.


Keywords


Branding Awareness, Digitalisasi Pemasaran, Mie Lethek

Full Text:

PDF

References


Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Awaludin, A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Produk Cemilan BU ELA Di Desa Gempol. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Indriyanti, D. R., Banowati, E., & Margunani. (2015). Margunani, Processing Organic Waste from Market Waste into Compost. Abdimas, 19(1), 43–48. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/komposisi

Intan Paradita, L. (2018). Waste Sorting: One Stage Towards an Independent Society in Waste Management, Independent. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 6(2), 5720. https://doi.org/10.18196/bdr.6145

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2020). No Title. https://kemenkopukm.go.id/

Kotler, Philip, & G, A. (2018). Principles of Marketing (15th ed). Pearson Education Limited.

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed). Pearson Education Limited.

Kurniawan, R. (2011). Pengembangan Kopetensi Sumber Daya Manusia Dan Bantuan Modal Di Kabupaten Jepara.

Li, S., Zhu, D., Li, K., Yang, Y., Lei, Z., & Zhang, Z. (2013). Soybean Curd Residue: Composition, Utilization, and Related Limiting Factors. ISRN Industrial Engineering. https://doi.org/ges http://dx.doi.org/10.1155/2013/423590

Mardiana, C., & Puspitasari, R. (2018). Pengembangan Desain Produk Unggulan IKM di Kabupaten Malang Jawa Timur yang Berdaya saing Tinggi. Jurnal ITATS.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Rachmawati, P., & Susilawati, D. (2021). Household Waste Management in Kuwaru Hamlet, Srandakan Bantul Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 488–496. https://doi.org/10.18196/ppm.33.165

Rahayu, S., Irvan, P. A., Anggraini, S., Wulandari, R., Evanita, S., & Friyatmi Friyatmi. (2021). Kajian Tentang Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan di Anne Kamper’s Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2652–2660. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1276

Sachari, A. (2007). Budaya Visual Indonesia. Erlangga.

Sanjaya, A., Lisvia, L., Nursandy, F. L., & Nurlita, Y. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PLAKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 167–181.

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228

Suwardi, A. B., Baihaqi, Syardiansah, & Navia, Z. I. (2021). Penguatan Pemasaran Produk Tenun Lidi Nipah Pada Kelompok Bungong Chirih Melalui Aplikasi E-Marketing Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(2), 142–146.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa (Pertama). Bayumedia Publishing.

Winarso, H., & Larasati, A. (2011). Dari Sampah Menjadi Upah: Inovasi Pengolahan Sampah di Tingkat Akar Rumput Kasus Program Bank Sampah “Sendu” di Kelurahan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 18(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3092-3101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.