PENGEMBANGAN LABEL KEMASAN BOTOL PADA PRODUK BUBUK JAHE MERAH

Mohammad Ilham Fardiansyah, Dessy Agustina Sari, Muhammad Arif Firdaus, Vina Syofiyatul Ulfa

Abstract


Wadah botol merupakan langkah praktis bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan umur simpan produk. UPPKS Bakti Lestari atau dikenal juga dengan nama UMKM Jahe Merah di Karawang – Jawa Barat meneruskan ekonomi mandiri melalui jahe merah baik (budidaya hingga produk jual bubuk). Keterlibatan peran akademis, dan industri memberikan penanganan transformasi label kemasan botol. Aspek kajian berupa desain dan kelengkapan informasi dari produk Jamer. Hasil perubahan label tersebut memberikan warna cerah dan pencantuman informasi gizi, komposisi, berat bersih, khasiat dan lainnya. Data tersebut mampu meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan minat beli konsumen. Stiker berbahan kertas yang telah diterapkan mampu membenahi kekurangan sebelumnya seperti label parsial di sisi tertentu kemasan botol. Peningkatan permintaan konsumen hingga 1 ton per bulan akan mendesak penggunaan label kemasan plastik untuk menekan biaya produksi, waktu dan keakuratan pemasangan label dibandingkan aktivitas secara manual


Keywords


jahe, kemasan produk, kristalisasi, pengemasan, UMKM.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N., Billo, M., & Lakhan, A. (2012). Effect of product packaging in consumer buying decision. Journal of Business Strategies, 16(2), 1–10.

Dhameria, V., & SAB. (2014). Analisis pengaruh keunikan desain kemasan produk, konduktivitas store enviroment, kualitas display terhadap keputusan pembelian impulsif (studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Sains Pemasaran Indonesia, XIII(1), 1–44.

Erlyana, Y. (2018). Analisis peranan desain kemasan terhadap brand identity dari sebuah produk makanan lokal Indonesia dengan studi kasus: Produk oleh-oleh khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry, 1079–1097. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316

Erlyana, Y., & Nadya, N. (2018). Analisis desain kemasan mi instan edisi khusus indomie tempo doeloe. Titik Imaji, 1(1), 17–29.

Hanifawati, T., Suryantini, A., & Mulyo, J. H. (2017). Pengaruh atribut kemasan makanan dan karakteristik konsumen terhadap pembelian. Agriekonomika, 6(1). https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i1.1895

Hidayat, M. (2011). Tinjauan kognisi desain produk kemasan sebagai unsur identitas budaya populer atas produk kemasan makanan industri kecil menengah (ikm). Kawistara, 1(3), 244–256.

Maulani, A. N., Fetrianggi, R., & Prana, I. S. (2021). Analisis pengaruh desain kemasan dan brand image kopi good day pada minat beli konsumen. Finder, 1(1), 1–10.

Mawadah, I. (2014). Pengaruh kemasan terhadap minat beli konsumen (studi empiris pada produk mi sedap cup di kabupaten Ngawi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mazhar, M., Daud, S., Bhutto, S. A., & Mubin, M. (2015). Impact of product packaging on consumers buying behavior: Evidence from karachi. Journal of Marketing and Consumer Research, 16, 35–42.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan UMKM. Imajinasi, 9(2), 127–136.

Sari, D. A., & Sukanta, S. (2020). Pendampingan peningkatan ekonomi warga kabupaten karawang melalui budidaya tanaman jahe merah. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020, 91–97.

Sari, D. A., Sukanta, S., Wagiono, W., & Irawan, A. (2021). Peningkatan produksi bubuk jahe merah melalui introduksi sistem penghalusan. Jurnal Masyarrakat Mandiri, 5(2), 615–623.

Sari, R. A., & Rachmawati, Y. (2019). Analisis pengaruh parsial kemasan, warna, rasa dan pengetahuan gizi terhadap keputusan pembelian produk makanan pada siswa Sekolah Dasar (SD). Teknovasi, 6(2), 27–34.

Ulfa, V. S., Kharisma, H. D., & Sari, D. A. (2020). Optimasi akademisi dan mata kuliah teknik kimia melalui peran praktisi industri. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 1, 1379–1383. https://doi.org/10.31219/osf.io/uf45p

Wagiono, W., Sari, D. A., Miledhiya, S. A., Fitria, I. A., Sidabutar, K. V., Kamiil, M. I., & Fadzrin, A. G. M. (2020). Pengaruh pemberiian kombinasi pupuk organik dan anorganik terhadap keragaan pertumbuhan dan tanaman jahe merah (Zinger officinale Ruubrum) di kecamatan Majalaya kabupaten Karawang. Jurnal Agrotek Indonesia, 2(5), 41–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3033-3038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.