APLIKASI LIGHTROOM SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PEMASARAN PRODUK DARI JENDELA KOPI

Pande Made Adinatha, Kadek Julia Mahadewi

Abstract


Sosial media telah menjadi fenomena global yang mengubah cara manusia berinteraksi, berkomunikasi, dan berbagi informasi di era digital. Sosial media telah menjadi alat yang sangat efektif dalam memasarkan produk dan layanan di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang terkait dengan menggunakan sosial media sebagai platform pemasaran produk. Sosial media juga memungkinkan interaksi langsung antara merek dan konsumen, memungkinkan umpan balik instan, dan membangun hubungan yang lebih erat. Untuk mengoptimalkan penggunaan sosial media dalam pemasaran produk, perusahaan perlu memiliki strategi yang matang dan terencana. Mengidentifikasi target audiens, mengembangkan konten yang menarik dan bernilai. 

Berdasarkan permasalahan yang ada, masih banyak usaha food and beverage yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan konten yang menarik untuk memasarkan produknya. Salah satunya adalah usaha food and beverage Jendela Kopi di Kota Denpasar yangg memiliki kesulitan dalam membuat konten yang menarik untuk bersaing dengan usaha food and beverages yang banyak ada di Kota Denpasar. Berdasar permasalah tersebut, penulis memiliki solusi dengan alat bantu berupa aplikasi Lightroom dalam editing segala produk-produk yang ingin dipasarkan oleh pihak Jendela Kopi. Terkait dengan solusi yang ditawarkan, penulis menggunakan pendekatan design thinking sehingga didapatkan rancangan konten yang sesuai dengan keinginan audience. Dengan dibuatnya jurnal pengabdian masyarakat ini diharapkan untuk UMKM yang ada Di Bali maupun Di Indonesia bisa mendapatkan solusi juga dalam membuat produk-produk yang ingin dipasarkan bisa tampil lebih menarik menggunakan Aplikasi Lightroom.


Keywords


Lightroom, Jendela Kopi, Sosial Media, Design Thinking

Full Text:

PDF

References


(Ulan Ramadhani, Dwi Purnomo, & Totok Pujianto, 2021) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Instagram Pada Startup Trafeeka Coffee. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 5 (2), 377-389.

(Kotler,P & Armstrong, G, 2012). Principles of Marketing : Global Edition (14th ed.) . US : Pearson Education, Inc.

(Purnomo, 2022) Konsep Design Thinking Bagi Pengembangan Rencana Program dan Pembelajaran Kreatif Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3074-3079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.