PELATIHAN PENGOLAHAN MAKANAN RINGAN BAGI REMAJA DI PANTI ASUHAN SONAF MANEKA KOTA KUPANG

Anita Christina Sembiring, Maria Helena Dua Nita, Meyrina Sulastri Loaloka

Abstract


Panti asuhan merupakan tempat bagi anak anak terlantar dan yang tidak memiliki orang tua yang berfungsi untuk melindungi hak hak anak tersebut. Anak-anak yang tinggal di panti asuhan seringkali memiliki keluarga dari ekonomi rendah atau anak yang tidak memiliki keluarga. Salah satu sasaran kemandirian melalui kegiatan wirausaha adalah anak yatim piatu dan anak terlantar yang tinggal di panti asuhan. Karena keterbatasan ekonomi anak anak tersebut sulit untuk mengembangkan keterampilan melalui pendidikan formal maupun informal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berkaitan dengan bidang peningkatan keterampilan  dalam bidang pengolahan makanan yaitu mengolah snack berupa stick ubi ungu dan onde ketawa. Pihak yang terlibat antara lain ketua Yayasan, anak panti yang berusia remaja  serta mahasiswa dan dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Kupang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan tentang pengolahan aneka pangan local menjadi aneka snack yang sehat sudah berjalan dengan baik dengan disambut secara antusias oleh ketua yayasan dan peserta. Pengabdian masyarakat hendaknya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan variasi materi yang lebih banyak dan juga dikembangkan ke lokasi lainnya sehingga mendapatkan dampak positif bagi masyarakat.


Keywords


pelatihan, snack, anak, panti asuhan

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman Pelatihan dan Modul Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) Bagi Fasilitator Pendidik Sebaya di Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat), Jakarta.

Departemen Sosial RI. (1999). Pedoman Perlindungan Anak. Jakarta : DirektoratBina Kesejahteraan Anak, Keluarga dan Lanjut Usia & Direktorat JenderalBina Kesejahteraan Sosial Departemen Sosial RI.

Fardiati Ari, Purwana Dedi. (2011). Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung.:PT. Remaja Rosadakarya

Marzuki, Saleh. (2010). Pendidikan Non Formal Dimensi Dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Muchti. (2000). Pandangan Umum Mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori Terkait. [on-line]. http://library.gunadarma.ac.id/go.php?id=jiptumm-gdl-sl-2003.

Sholeh, Gerry. (2014). Panti Asuhan Mahbubiyah. Surabaya

Saidi Wahyu,Sofia Hartati. (2008). Kewirausahaan. Jakarta:Enno Media

Saiman, Leonardus. (2009). Kewirausahaan. Jakarta. Salemba Empat

Santoso, Harianto. (2005). Disini Matahariku Terbit. Jakarta: PT Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4077-4082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.