PEMBERDAYAAN BERBASIS KOMUNITAS SANGGAR ANAK SUNGAI DELI (SASUDE) DI LINGKUNGAN XII KELURAHAN SEI MATI KECAMATAN MEDAN MAIMUN

Ratih Baiduri, Yanita Hotriahni Sitopu

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menelusuri latarbelakang berdirinya komunitas Sanggar Anak Sungai Deli, menelaah bentuk program pemberdayaan sasude, dan mengungkapkan realisasi program, hambatan dan manfaat sasude bagi anak-anak, masyarakat dan lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan di Lingkungan XII, Kelurahan Sei Mati Medan Maimun. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang berdirinya sasude berdasarkan kondisi lingkungan yang tidak teratur, masyarakat yang rendah pendidikan sehingga tidak memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungan, dan kondisi anak-anak yang banyak mengamen, mengemis, putus sekolah dan tidak bisa membaca. Adapun program-program yang dijalankan sasude yaitu pengembangan minat dan bakat, literasi, keagamaan, lingkungan, unit usaha, ramadhan camp, festival sasude, pegelaran tunggal dan pentas seni. Manfaat sasude ini yaitu meningkatkan kualitas hidup anak-anak, masyarakat sekitar dan lingkungan seperti peningkatan keterampilan, pengetahuan, kepercayaan diri, kesadaran akan kebersihan lingkungan yang menciptakan lingkungan yang asri, bersih dan nyaman.


Keywords


Sanggar Anak Sungai Deli, Anak, Masyarakat, Sungai Deli, Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Jannah, H. F., Bahtiar, & Sarpin. (2020). Program Pemberdayaan Anak Kurang Mampu Pada Panti Sosial (Studi di UPTD Panti Sosial Anak Dan Remaja Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara). Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 1(2), 132-145.

Kusumawardani, E. (2023). Urgensi Pelibatan Orang Tua Untuk Anak Remaja. Jawa Timur : CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Perkins, D. D., & Zimmerman, M. A. (1995). Empowerment Theo IT, Research, and Application. American Journal of Community Psychology, 569-579.

Ramadhani, T. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Kelompok Pembuat Kritcu BaBe di Desa Batu Belubang). Journal Of Social and Political Science, 2(2), 200-210.

Rontos, P. C., Posumah, J. H., & Plangiten, N. N. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menunjang Sektor Pariwisata Bukit Kasih (Suatu Studi Di Desa Kanonang Empat Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa). Jurnal Administrasi Publik, 1-6.

Spradley, J. P. (2017). Metode Etnografi (2nd ed.). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial . Bandung : PT Refika Aditama.

UNICEF. (2020). Situasi Anak Di Indonesia- Tren, Peluang, dan Tantangan Dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. Jakarta: UNICEF Indonesia.

Yunus, S., Suadi, & Fadli. (2017). Model Pemberdayaan Masyarakat Terpadu. Banda Aceh: Bandar Publishing.

Zimmerman, M. A. (2000). Empowerment Theory. Michigan: University Of Michigan.

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakatak : Wacana dan Praktik. Jakarta : Kencana .




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2919-2931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.