PROGRAM EDUKASI KESEHATAN, PEMERIKSAAN STATUS GIZI ANAK DAN PEMERIKSAAN KOLESTEROL DI LINGKUNGAN VIII KELURAHAN SUDIREJO II MEDAN

Melviana Lubis, Safira Qisthina Awanis

Abstract


Masalah gizi masih menjadi prioritas utama di bidang kesehatan. Hal ini mencakup masalah gizi buruk dan stunting pada anak dan dislipidemia pada orang dewasa.  Stunting di Indonesia merupakan masalah gizi kronis. Survey nasional, Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2022 menemukan masih tingginya prevalensi angka stunting balita (23,9-24,9%). Dengan kata lain angka ini masih di atas 20%. Faktor kurangnya pengetahuan gizi ibu  berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kejadian stunting. Di sisi lain, dislipidemia merupakan ancaman kesehatan yang sering dikenal dengan istilah silent killer. Kondisi ini seringkali tak terdeteksi  hingga langsung bermanifestasi menjadi kejadian fatal, berupa sumbatan pada pembuluh darah pada jantung atau otak. Dislipidemia juga sering ditimbulkan karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan masuarakat mengenai kondisi tersebut. Edukasi kesehatan dan pengukuran status gizi dan kolesterol darah, merupakan upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mencegah terjadinya stunting dan dislipidemia. 


Keywords


edukasi gizi, stunting, pengukuran berat badan anak, pengukuran kolesterol, dislipidemia

Full Text:

PDF

References


Aisyara, Y. Early, RWS. Sri, DEP. 2021. Edukasi kesehatan cegah hiperkolestero lemia berdasarkan pola hidup masyarakat kelurahan Muara Fajar Timur Pekanbaru. Masyarakat Berdaya dan Inovasi. Vol. 2 No. 2

Kementerian Dalam Negeri. 2022. Visualisasi data kependudukan. Tersedia pada https://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/peta/ diakses pada 30 Juli 2023.

Kementerian Kesehatan RI. 2022. Buku Saku Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Mas, RAAS. Almira, Z. Gaga, IN. 2017. Peningkatan kesadaran terhadap risiko hipertensi dan dislipidemia pada masyarakat di daerah Cimalaka kabupaten Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 No. 5.

Nirmalasari, N.O. 2020. Stunting pada anak: penyebab dan faktor risiko stunting di Indonesia. Qawwam. Vol. 14 No. 1.

Uliyanti, dan Renny, A. 2022. Pencegahan stunting melalui penyuluhan gizi pada ibu dengan menggunakan flip chart di kecamatan Benua Kayong. Jurnal Pangan Kesehatan dan Gizi. Vol. 2 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2932-2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.