PENGOLAHAN JAMUR TIRAM MENJADI NUGGET SEBAGAI PEMENUHAN GIZI KELUARGA

Marniza Marniza, Tuti Tutuarima, Damres Uker

Abstract


Pandemi Covid-19 (corona virus disease-19) telah berakhir dan peningkatan imunitas tubuh tetap sangat dibutuhkan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi terutama makanan dengan kandungan protein tinggi yang salah satunya adalah jamur tiram.   Jamur tiram memiliki umur simpan yang singkat dan memiliki aroma yang khas  yang umumnya tidak disukai oleh kebanyakan anak-anak.  Salah satu upayakan yang dilakukan adalah mengolah jamur tiram menjadi nugget.   Nugget ini bisa dibuat dengan teknologi dan peralatan sederhana sehingga mudah diterapkan oleh ibu rumah tangga untuk pemenuhan gizi keluarga terutama untuk anak-anak. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah mengenalterapkan pengetahuan mengenai kandungan gizi jamur tiram dalam pemenuhan gizi keluarga, dan mengenalterapkan pengetahuan dan keterampilan pengolahan jamur tiram menjadi nugget kepada khalayak sasaran.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Sekretariat PRa Salimah Kelurahan Panorama Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu yang pesertanya adalah ibu-ibu dari binaan PRa Salimah Kelurahan Panorama dan juga melibatkan lima mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Bengkulu.  Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan sesuai dengan rencana dan peserta antusias dalam melakukan praktek pengolahan jamur tiram menajdi nugget.  Selain itu ada komitmen dari PRa Salimah ini untuk melanjutkan kegiatan ini dalam bentuk pelatihan kepada masyarakat lain dan wirausaha.   


Keywords


family, nugget, nutrion, oyster,

Full Text:

PDF

References


Achmad, E.N. Herliyana, I.Z. Siregar, dan O. Permana. 2011. Karakter Morfologis dan Genetik Jamur Tiram (Pleurotus spp.). J. Hort., 21 (3):27-31.

Arianto, D.P., Supriyanto, L.K. Muharrani. 2013. Karakteristik Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Selama Penyimpanan Dalam Kemasan Plastik Polypropilen (PP). Jurnal Agrointek, 7(2):66-75.

Hermawan, H. 2015. Teknologi Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus). BPTP Baltibangtan Jambi. pertanian.go.id. Diakses 15 Juni

Purbowati, P., S. Maryanto dan P. Afiatma. 2020. Formulasi Nugget Jamur Tiram sebagai Makanan Selingan Rendah Lemak dan Tinggi Serat. Darussalam Nutrition Journal, 4(1):44-51.

Rahman, S. dan A. Dwiani. 2020. Pengaruh Subsitusi Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) dan Tepung Terigu terhadap Mutu Kimia Nugget. Jurnal Ilmiah Inovasi:, 20(3):30-34.

Saragih, R. 2015. Nugget Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) sebagai Alternatif Pangan Sehat Vegetarian. E-Journal WIDYA Kesehatan dan Lingkungan, 1(2): 90-95.

Saskiawan, I. 2015. Meningkatkan Kadar Selenium pada Jamur Tiram Putih. LIPI. Meningkatkan Kadar Selenium pada Jamur Tiram Putih | Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (lipi.go.id). Diakses 12 November 2021.

Widyastuti, N., D. Tjokrokusumo, dan R. Giarni. Potensi Beberapa Jamur Basidiomycota Sebagai Bumbu Penyedap Alternatif Masa Depan. Prosiding Seminar Agroindustri dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI Program Studi TIP-UTM, 2-3 September 2015. Hal 52-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.107-113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.