PENYULUHAN TEKNIK BERBURU LEBAH LESTARI DAN RAMAH LINGKUNGAN DI KABUPATEN PANGKEP

Sitti Nuraeni, Andi Sadapotto, Budiaman Budiaman, A. Abdillah Abulkhair, Andi Prastiyo

Abstract


Kelurahan Balleangin merupakan salah lokasi perburuan lebah hutan di kaki Gunung Bulusaraung Kabupaten Pangkep. Perburuan dan pemanenan madu lebah hutan masih menggunakan teknik pengasapan dan pemanenan semua sisiran sarang lebah hutan. Teknik perburuan dan panen madu yang demikian akan dapat mengancam kelestarian lebah hutan. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini mulai dari survei lokasi, identifikasi permasalahan masyarakat dengan hutan dan hasil hutan bukan kayu berupa lebah hutan serta analisis solusi pemecahan masalah. Masyarakat melakukan perburuan lebah hutan dengan cara berkelompok yang umumnya terdiri 3 orang dan berusia produktif di bawah 55 tahun. Dua hal yang selalu menjadi ancaman kelestarian lebah dan habitatnya, yaitu pertama cara mengusir lebah masih menggunakan pengasapan berupa obor kemudian ditambatkan pada tiang panjang sesuai ketinggian sarang lebah dan kedua adalah cara panen madu dengan mengambil semua sisiran sarang yang melekat di dahan pohon. Konsep yang ditawarkan adalah mengganti pengasapan dengan sapu lebah dan panen hanya bagian sisiran sarang berisi madu serta informasi model semi budidaya lebah hutan cara tikung.


Keywords


lebah hutan, madu, perburuan, sapu lebah

Full Text:

PDF

References


[BPS] Badan Pusat Statistik. 2022. Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan Dalam Angka 2022. Katalog BPS 1102001.7309.

Haerul. 2022. Teknik perburuan dan pemanenan lebah hutan Apis dorsata oleh masyarakat sekitar hutan di Kecamatan Maronge Kabupaten Sumbawa. Skripsi, Universitas Mataram.

Hidayatullah, M., Cecep Handoko, Abdul Jafar Maring dan Ramdiawan. 2018. Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Pemburu Madu Hutan di Dusun Arung Santek, Pulau Moyo. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS, Vol. 2 No. 1, pp.1-6.

Kecamatan Balocci, 2021. https://pangkepkab.go.id/kehutanan. Diakses pada tgl 1 Desember 2022.

Kuntadi. 2013. Pengelolaan Lebah Hutan. Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilita.

Madiong, B., & S. Bahrun. 2021. Pelaksanaan Pembinaan Usaha Madu Kecamatan Camba Kabupaten Maros. JTCSA 2 (2): 1-9.

Mooy, B.Z. 2022. Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dinamika Produksi Madu Lebah Hutan (Apis dorsata) Di KHDTK Diklat Sisimeni Sanam, Kabupaten Kupang. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 1 (4):171-186

Mujetahid, A. 2008. Teknikpemanenan madu lebah hutan oleh masyarakat sekitar hutan DI Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros. Jurnal Perennial, 4 (1): 36-40.

Nuraeni, S., A. Sadapotto, Budiaman, Rajab M, Prastiyo A, Silvajayanti, Khairana A. 2022. Konservasi Lebah Hutan Melalui Sosialisasi Teknik Berburu di Desa Cenrana Baru dan Rompegading Kabupaten Maros. Jurnal Budimas, 04 (02): 1-7.

Prastiyo A, Sitti N, Marwan R, Tumanan, Isnul KT, Nurfadilah L, Nirmala A, Marshabilla, Khairunnisa S, Andi MR, Diky W. 2022. Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin Desa Rompegading Kabupaten Maros Melalui Pengembangan Meliponikultur. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3: 41-49.

Syarifuddin, A dan N.T. Waskitho. 2022. Pendampingan Konservasi Kawasan Penyangga Hutan pada Masyarakat Sekitar KHDTK UMM. Jurnal BUDIMAS, 04 (01): 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2949-2957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.