EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS X SMAI ASSYAFIAH LOCERET NGANJUK

Ahmad Al Karim, Guntur Arie Wibowo, Ika Mindarti Suryo Utomo, Angga Aulia Aswagata

Abstract


Dalam menghadapi masalah lingkungan yang semakin kompleks, edukasi pengelolaan sampah menjadi esensial untuk mencetak generasi muda yang memiliki kesadaran lingkungan dan nilai-nilai Pancasila yang terimplementasi dalam perilaku sehari-hari. Kegiatan ini menggunakan metode Community-Based Participatory Research (CBPR) yakni pendekatan yang melibatkan kerja sama aktif antara peneliti dan masyarakat selama proses penelitian dan pengambilan keputusan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa edukasi pengelolaan sampah meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah, termasuk pemahaman tentang daur ulang, pemilahan sampah, dan pengurangan limbah. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti gotong royong, tanggung jawab, dan rasa peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini menegaskan bahwa edukasi pengelolaan sampah dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengimplementasikan profil pelajar Pancasila pada siswa. Melalui edukasi ini, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, serta menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi pijakan untuk pengembangan kurikulum yang lebih holistik dan terintegrasi, yang memasukkan pendekatan lingkungan dan nilai-nilai kebangsaan sebagai bagian dari proses pendidikan

Keywords


pengelolaan sampah, anorganik, P5, kesadaran lingkungan

Full Text:

PDF

References


Arico, Z., & Jayanthi, S. (2017). Pengolahan limbah plastik menjadi produk kreatif sebagai peningkatan ekonomi masyarakat pesisir. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i1.1-6

Julaika, J., & Neni, M. (2018). Eksplorasi Nilai-nilai Pancasila untuk Mentransformasi Konteks dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Doctoral Dissertation, State University of Surabaya, 404–418. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23604

Kurniaty, Y., Wahyu Haji Bani Nararaya, Ranatasya Nabila Turawan, & Fendy Nurmuhamad. (2016). Mengefektifkan pemisahan jenis sampah sebagai upaya pengelolaan sampah terpadu di Kota Magelang. Varia Justicia, 12(1), 135–150. http://journal.unimma.ac.id/index.php/variajusticia/article/view/347

Liana, S. P. (2022). Menerapkan Kegiatan Peduli Lingkungan Untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 1(1), 17–24. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpws

Martini, M., & Windarto, W. (2020). PEMBERDAYAAN SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH). Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 3, 1210–1215. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.995

Mauliyana, T., Dinda Fatimah, Y., Dinina, S., Putri Indah Lestari, W., Astuti, T., Putri Maya Sari, S., Ulfa, E., Oktaviyani, D. A., Kurniasari, F., & Damaiyanti Sanda, G. (2023). IMPLEMENTASI PROYEK PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK MENUMBUHKAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 149 PALEMBANG. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1636–1648. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1636-1648

Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Ratnadewi, R., Muliadi, M., Prijono, A., Darmawan Hangkawidjaja, A., & Felix, C. (2023). Pelatihan Daring Robotika bagi Siswa dan Guru di Sekolah Menengah Atas Kristen Yahya Bandung. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(21 Mei 2023), 1–9. https://doi.org/10.21067/jpm.v8i1.6164

Ratnasari, A., Asharhani, I. S., Sari, M. G., Hale, S. R., & Pratiwi, H. (2019). EDUKASI PEMILAHAN SAMPAH SEBAGAI UPAYA PREVENTIF MENGATASI MASALAH SAMPAH DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) , 2, 2655–3570. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.498

Sánchez, V., Sanchez-Youngman, S., Dickson, E., Burgess, E., Haozous, E., Trickett, E., Baker, E., & Wallerstein, N. (2021). CBPR Implementation Framework for Community-Academic Partnerships. American Journal of Community Psychology, 67(3–4), 284–296. https://doi.org/10.1002/ajcp.12506

Sari, C. K., & Sarni Anggoro. (2020). EDUKASI DAMPAK PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2), 41–48. https://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM/article/view/91

Septena, S., & Mawardah, M. (2023). PROGRAM PEMBIASAAN PERILAKU PILAH SAMPAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BAGI SISWA SMA DENGAN AUSTISM SPECTRUM DISORDER DI SEKOLAH KHUSUS PELITA BUNDA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 1385–1391. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1385-1391




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2841-2848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.