IMPROVEMENT LEADERSHIP SKILLS AS AN EFFORT TO BUILD A PROFESSIONAL ORGANIZATIONAL CULTURE AT THE TARBIYATUL HUDA ISLAMIC BOARDING SCHOOL BOGOR

Muchamad Arif Kurniawan, Fuad Ahmad Riva'i, Salsabila Cahaya

Abstract


Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang membahas tentang upaya untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan sebagai langkah untuk membangun budaya organisasi yang profesional di Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda Bogor. Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda Bogor adalah suatu lembaga yang cenderung memanfaatkan alumninya untuk bekerja dan membantu dalam mengelola lembaga. Dari segi pengalaman kerja, SDM yang dimiliki oleh pondok pesantren masih minim pengalaman, karena kebanyakan di dominasi oleh SDM yang baru menyelesaikan pendidikan formal (fresh graduate). Dari kondisi SDM yang ada maka penting bagi pondok pesantren untuk melakukan pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimilikinya. Salah satu bentuk pengembangan yang dilakukan adalah dengan pelatihan yang berorientasi meningkatkan keterampilan kepemimpinan bagi setiap SDM yang dimilikinya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi analisis kebutuhan, pengajuan proposal, membuat modul dan materi, persiapan kegiatan pengabdian masyarakat, pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dan penyusunan laporan kegiatan. Kegiatan ini memberikan dampak yang positif terhadap pemahaman dan pengetahuan akan pentingnya peningkatan keterampilan kepemimpinan dari setiap peserta dan sudah sesuai dengan analisis kebutuhan yang sudah dilakukan.


Keywords


Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Sumber Daya Manusia, Pesantren

Full Text:

PDF

References


Arif, M. A. K., Putri, W., & Ardawinata, K. (2023). Principal Policy in Improving the Quality of Education MAN 1 Yogyakarta. Journal For Islamic Studies, 6(3), 816–825. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i3.606

Dwiningsih, K., Kartika Maharani, D., Savitri, D., Alya, A., Isaloka, I., & Danu Erlangga, M. (n.d.). PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BAGI GURU SMA PONDOK PESANTREN BAYT AL-HIKMAH. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1920-1933

Hendra, H. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4813

Herawan, E. (2016). KEPEMIMPINAN MUTU KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 51. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i2.3329

Kurniawan, M. A., & Hum, S. Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Al-Qur'an: Teori dan Praktek (Jilid 1). CV Penadiksi Media Group.

Kusuma, R., Mukzam, W. M. D., & Mayowan, Y. (2016). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT Karya Indah Buana Surabaya). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 31, Issue 1).

Manora, H. (2019). PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Edification Journal, 1(1), 119–125. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88

Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(1), 9–25. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i1.7

Mukhlasin, A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tawadhu, 3(1), 674-692.

Purbaningrum, D., Alfiah Chusjairiwi, J., & Sudarmanti, R. (n.d.). KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI KOMUNITAS PEREMPUAN TANGGUH NASIONAL. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1966-1975

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58-67.

Ratnasari, S. L., & Sutjahjo, G. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI. JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB), 1(4), 593–602. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3783

Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.32362

Sahabuddin STAI Rakha Amuntai, M., Selatan, K., & STAI Rakha Amuntai, S. (2022). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(Februari), 102–112.

Sarmono, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU PADA SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN INTERNAL. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38–51. https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p38

Sujarwo, & Kusumawardani, E. (2020). Analisis Kebutuhan Masyarakat (A. Avia, Ed.; 1st ed.). Rajawali Press. https://staffnew.uny.ac.id/upload/199406082019032024/pendidikan/Buku%20Analisis%20Kebutuhan%20Masyarakat.pdf

Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2823-2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.