PENDAMPINGAN EDUKASI BUDIDAYA JAMUR DAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA/SISWI BANKLONGRUA SCHOOL

Zulpahmi Zulpahmi, Sumardi Sumardi, Edi Setiawan, Naqib F Al Hakim, Resty Sintia Sari, Syifa Putri Altantri

Abstract


Kegiatan Pendampingan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pendampingan terkait edukasi budidaya jamur dan bahasa Inggris yang di laksanakan secara langsung di Banklongrua School. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa di Banklongrua School. Metode yang digunakan adalah metode langsung dengan tema pendampingan edukasi budidaya jamur dan bahasa Inggris pada siswa Banklongrua School Krabi Thailand. Hasil yang diharapkan yaitu siswa dapat memahami mengenai budidaya jamur, serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat internasional ini adalah bertambahnya keilmuan dan keterampilan siswa Banklongrua School, khususnya di bidang sociopreneur yang akan menjadi bekal mereka dalam berwirausaha, baik saat ini maupun di masa yang akan datang. Pengetahuan yang diberikan selama berlangsungnya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menjadi motivasi serta semangat bagi siswa di Banklongrua School untuk terus belajar dan berinovasi sehingga mampu menghasilkan kontribusi bagi lingkungan sekolah ataupun lingkungan masyarakat nantinya.  


 


Keywords


budidaya jamur, edukasi bahasa inggris, sociopreneur.

Full Text:

PDF

References


Fariroh, I., Novikarumsari, N. D., & Utami, R. A. (2021). Adaptasi Ekonomi Rumah Tangga di Desa Sukowiryo Kabupaten Jember melalui Budidaya Tanaman Sayuran secara Vertikultur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 472–477. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1030

Khumas, A., & Halimah, A. (n.d.). BOLA MASAGENAE: Program Sociopreneur dan Rumah Literasi Bagi Kaum Dhuafa di Kota Parepare. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 609–614. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/16060%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/16060/9303

Maisaroh. (2021). Dampak Inovasi terhadap Transformasi Lingkungan dalam Praktik Kewirausahaan Sosial. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 23(1), 1–15.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sari, W. D. (2022). Gambaran karakter sociopreneur dari kaum millennial. Prosiding Seminar Nasional Psikologi, 8–25. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/SemNasPsikologi/article/viewFile/2715/996

Setianti, Y., Subekti, P., Permana, R. S. M., & Budiana, H. R. (2020). Komunikasi Pendidikan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Di Wilayah Tinggal Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Acta Diurna, 16(2), 66–85. https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.12.2.3259

Sulistiyanto, D., & Abdullah, S. M. (2021). Dampak Pengembangan Sociopreneur Oleh Pns Dan Anggota Polri Dalam Upaya Menyambut Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Psikologi, 2019, 164–175. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingSemNasPsikologi/article/view/2012%0Ahttps://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingSemNasPsikologi/article/download/2012/923

Syihabudin, M., Haidar, A., & Herindar, E. (2022). Konsep Model Sociopreneur Sudut Lombok Untuk Mendukung Pariwisata Halal Berkelanjutan di Nusa Tenggara Barat. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 2(2), 122–139. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v2i2.5904

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijaya, R. H. (2021). Berkarya dengan Empati dan Memperkuat Ekonomi: Peran Mahasiswa Sociopreneur dalam Mencapai SDGs. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 59–67. https://doi.org/10.53958/wb.v6i11.64




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3467-3471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.