IMPLEMENTASI ARSITEKTUR AREA KANAL SEBAGAI TAMAN EDUKASI DAN RUANG PUBLIK MASYARAKAT DI KECAMATAN MEDAN JOHOR

Rimbawati Rimbawati, Zulkifli Siregar, Sri Asfiati, Arfis A

Abstract


Kebutuhan akan ruang terbuka hijau sebagai sarana berdiskusi, bermain dan berolahraga merupakan sebuah kebutuhan bagi masyarakat di perkotaan. Pengelolaan taman tersebut tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi dapat juga dilakukan oleh berbagai komponen masyarakat seperti yang dilakukan oleh sebuah komunitas WAPESEK (Warga Peduli Sekitar) di kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor. Komunitas ini mengelola hutan kanal secara swadaya untuk menambah keasrian tempat tersebut. Dari wawancara diketahui bahwa secara hukum status hutan kanal adalah milik Balai Wilayah Sungai, namun lokasi tersebut terlantar sehingga di manfaatkan orang-orang tidak bertanggungjawab sebagai tempat berkumpul dan melakukan kegiatan yang bersifat negatif.  Berkaitan dengan hal tersebut Tim pengabdian melakukan penataan dengan terlebih dahulu membuat desain lanskap sebagai acuan pengembangan sehingga tidak terkesan kumuh.  Dari desain tersebut tim juga mengimplementasikan langsung dilapangan melalui penanaman kelapa hibridaa jenis pandan wangi yang diharapkan dapat memberikan dampak terhadap plestarian lingkungan, khususnya hutan kota yang dapat digunakan sebagai arena berdiskusi, bermain dan berolahraga bagi warga sekita Pangkalan Masyhur. Desain yang asri dengan menempatkan berbagai vegetasi tanaman sekaligus menjadi tempat eduksi bagi anak-anak yang sedang tumbuh. Selain itu tim juga menambah fasilitas bermain anak berupa ayunan 2 sisi, sehingga saat orang tua mereka berolahraga anak-anak bisa bermain di alam terbuka.


Keywords


Hutan Kanal, Desain Arsitektur

Full Text:

PDF

References


P. Rahardjo, “Hutan kota sebagai upaya memperbaiki ekosistem kota,” Semin. Nas. Temu Ilm. Dosen Fak. Tek. Univ. Tarumanegara, vol. 2, p. 12, 2011.

Ratnanigsih and Suhesti, “Peran Hutan Kota dalam Memperbaiki Kualitas Udara,” J. Ilm. Pertan., vol. 7, no. 2, pp. 57–64, 2010, [Online]. Available: http://journal.unilak.ac.id/index.php/jip/article/download/1325/910.

A. A. Rahayu, “Penilaian Ekonomi Hutan Kota Srengseng Sebagai Penyedia Jasa Lingkungan Berupa Kesejukan,” J. Acitya Ardana, vol. 1, no. 1, pp. 30–34, 2021, doi: 10.31092/jaa.v1i1.1062.

Z. Siregar and S. Lubis, “Pendayagunaan Kawasan Bantaran Rel Kereta Api dan Jembatan Layang Untuk Sarana Publik Kota Medan,” J. KORIDOR, vol. 13, no. 02, pp. 28–35, 2022, doi: 10.32734/koridor.v13i02.9212.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2787-2793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.