PENDAMPINGAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA DI SEKOLAH DASAR

Wati Sukmawati, Rahmiati Rahmiati, Arum Fatayan, Ika Yatri, Zulherman Zulherman, Mimin Ninawati

Abstract


Praktikum IPA merupakan bagian penting dalam pembelajaran di sekolah dasar, karena memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk memahami konsep ilmiah dengan cara yang praktis dan menyenangkan. Namun, seringkali pendampingan yang tepat dan efektif oleh guru atau pengajar kurang tersedia, sehingga dapat mengurangi efektivitas pembelajaran praktikum. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pendampingan praktikum IPA sederhana di sekolah dasar. Metode pengabdian yang digunakan adalah observasi partisipatif dalam pada sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pendampingan yang memadai dapat memberikan manfaat signifikan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran dan konsep-konsep ilmiah. Guru atau pendamping yang aktif secara langsung membimbing siswa dalam melakukan praktikum, memberikan penjelasan yang jelas, serta memfasilitasi diskusi dan refleksi, dapat meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap IPA. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran di sekolah dasar, serta meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap ilmu pengetahuan. Implementasi praktikum IPA yang efektif dan berorientasi pada pendampingan yang baik dapat menjadi langkah penting dalam memajukan pembelajaran sains di tingkat dasar dan membantu siswa dalam mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan.

 


Keywords


pendampingan, praktikum IPA, sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, W. N., Novianti, R., Sukmawati, W., & Fikriyah, A. N. (2023). Student Response Conceptual Change Text ( CCT ) As A Media for Learning Energy Concepts in Elementary School Students. 9(1), 417–421. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187

Ali, A., Rapi, M., Arif, W. P., Rivai, A. T. O., Zulkarnaim, Z., & Ibrahim, A. (2022). Pendampingan Praktikum Ipa Biologi Peserta Didik Man 2 Barru. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43–49. https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i1.26872

Darmayanti, N. W. S., & Numertayasa, I. W. (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar Praktikum Sederhana Berorientasikan Lingkungan Sekitar Untuk Anak Sd Pada Masa Pandemi Covid-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 928. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5416

Haerullah, A. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Praktikum IPA Kontekstual Bagi Guru-guru setingkat SD di MIN Sasa Kota Ternate. 4(2), 2301–2427.

I Wayan Gunada, Sutrio, Wahyudi, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Ahmad Busyairi, & Ananda Fatara Suwandi. (2021). Pendampingan Kerja Praktik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses IPA Bagi Guru Guru SD Di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 339–346. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1137

Sukmawati, W. (2017). Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa. Bioeduscience, 1(1), 31. https://doi.org/10.29405/bioeduscience/31-37111085

Sukmawati, W. (2020). Techniques adopted in teaching students organic chemistry course for several years. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 247–256. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094

Sukmawati, W., Kadarohman, A., Sumarna, O., & Sopandi, W. (2021a). Analysis of reduction of COD ( Chemical Oxygen Demand ) levels in tofu waste using activated sludge method. 2(April), 339–345.

Sukmawati, W., Kadarohman, A., Sumarna, O., & Sopandi, W. (2021b). The Relationship Of Basic Chemical. 42–48.

Sumbawa, D. I. (2022). Strengthening Science Practices for a Group of. 2(1), 38–41.

Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010

Utami, L. S., & Rochyati, N. (2021). Pendampingan Praktikum IPA Kelompok Siswa Belajar Luring. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5, 846–849.

Wahjusaputri, S., Sukmawati, W., Nastiti, T. I., & Noorlatipah, V. (2022). Strengthening teacher pedagogical literacy after the Covid-19 pandemic in vocational secondary education in Banten Province. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i2.47119

Wati Sukmawati, Asep Kadaroman, Omay Suwarna, W. S. (2020). Development Of Teaching Materials Based On Conceptual Change Text On Redox Materials For Basic Chemicals On Redox Concept. 12(2), 243–251. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/15090/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.3016-3021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.