TRAINING AND STRENGTHENING ENGLISH LEARNING USING THE PHONICS METHOD FOR MUHAMMADIYAH 28 ELEMENTARY STUDENTS, SOUTH JAKARTA

Sintha Wahjusaputri, Muhammad Arifin Rahmanto, Dewi Zulviana

Abstract


Program pengabdian masyarakat berupaya memberikan pelatihan dan peningkatan pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa sekolah dasar dengan memanfaatkan teknik fonik. Kegiatan yang dilakukan meliputi penjelasan teori dan praktik metode Phonics, serta penjelasan bagaimana implementasi sistem menggunakan strategi dan varian model pembelajaran Metode Phonics yang tepat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pengajaran dan penguatan bahasa Inggris dengan memanfaatkan teknik fonik untuk siswa kelas 1 di SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam pelatihan dan penguatan pembelajaran bahasa Inggris adalah Pembelajaran Bahasa Komunitas dimana informasi dibagikan oleh Tim PKM Uhamka, Guru dan Siswa Kelas 1 SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta Selatan. Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama bulan Januari-Februari 2023. Hasil PKM ini adalah siswa khususnya kelas 1 dan guru pendamping mampu menerapkan metode Phonic dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta Selatan. Siswa memiliki kemampuan membaca menggunakan bahasa asing mulai dari mengenal huruf dan kata, menghubungkannya dengan bunyi, artinya dan menarik kesimpulan tentang maksud membaca dengan menggunakan metode fonik.


Keywords


Pelatihan, Penguatan, Metode Phonics, Mengajar Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Brady, D. R., & Asselin, M. E. (2016). Exploring outcomes and evaluation in narrative pedagogy: An integrative review. Nurse Education Today, 45, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.06.002

Catling, J. (2012). Psikologi kognitif. Erlangga.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2011). Choosing a mixed methods design. In Designing and Conducting Mixed Methods Research (pp. 53–106). Sage Publications, Inc.

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth edit). SAGE.

Fadjryana Fitroh, S., Jannah, R., Wulani Fajar, Y., Faridatun Nisa, T., & Busyro Karim, M. (2018). Penggunaan Metode Iqro’ untuk Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1), 16–26.

Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. 257(Icollite 2018), 266–268. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.58

Klee, C. A., Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2002). Approaches and Methods in Language Teaching. In The Modern Language Journal (Vol. 70, Issue 4, p. 420). https://doi.org/10.2307/326829

Lloyd, S. (2007). The Phonic Handbook: A Handbook of teaching reading, writing and spelling. Jolly Learning Ltd.

Pappano. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia dini. Prenadamedia Group.

Retnomurti, A. B., Hendrawaty, N., & Nurhayati, N. (2019). Strategi Pengenalan Membaca Phonics Method dalam Pengabdian kepada Masyarakat di Jakarta Selatan. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 3(1), 15–24. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.473

Ruhaena, L. (2008). The Effect of Jolly Phonics Learning Method on The Indonesian And English Initial Literacy Ability In Preschool Children. Jurnal Penelitian Humaniora, 9(2), 192–206.

Sudiarta, I. W. (2017). Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris Pada Anak Kelompok B TK Mahardika Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(3), 240–251. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11974/7645

Susanto, R., Febrianti, N., Husna, N. I., & Putri, A. A. (2018). Pengetahuan Pedagogik. 5(September). http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/2455/2109

Tika, A., & Supangkat, P. (2017). Paud Mahir Bahasa Inggris. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2967-2976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.