PELATIHAN PEMBUATAN PERMEN CANDY MENGGUNAKAN BUNGA TELANG Clitoria ternatea SEBAGAI IDE USAHA RUMAHAN DI DESA AMAN DAMAI KABUPATEN LANGKAT

Nirwana Anas, Rini Wulandari, Annisa Aulia Nanda, Ratna Dewi Munthe, Muhammad Reza, Rika Muliana Tanjung

Abstract


Produk pangan dengan pemanfaatan bunga telang bukan hal yang baru lagi. Tumbuhan ini secara umum dipergunakan untuk pewarna makanan yang baik (alami) dan sebagai tanaman hias. Penelitian ini dilaksanakan dengan sasaran untuk melihat bagaimana minat serta ketertarikan pelatihan pada masyarakat terhadap produk permen yang dibuat dari bunga Clitoria ternatea sebagai bahan pewarna alami untuk ide usaha rumahan masyarakat di pedesaan. Metode yang diterapkan yaitu metode PAR (Participatory Action Research) dengan menyajikan dalam bentuk video kreatif dengan bantuan media laptop dan handphone sebagai strategi. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Aman Damai Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat pada Juli 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat ialah terlaksananya pelatihan pembuatan permen candy menggunakan bunga telang sebagai pewarna alami yang memberikan pengetahuan dan skill bagi masyarakat di Desa Aman Damai Kabupaten Langkat sehingga ide pembuatan produk ini dapat dijadikan usaha rumahan.

Keywords


Permen; bunga telang; ide usaha rumahan

Full Text:

PDF

References


Angriani, Lisa. (2019). Potensi Ekstrak Bunga Telang (Clitoria ternatea) sebagai Pewarna Alami Lokal Pada Berbagai Industri Pangan. Jurnal Canrea. Vol.2 (1), hal 32-37

Christine, Endang. (2020). Kembang Telang (Clitoria ternatea L.): Pemanfaatan dan Bioaktivitas. Jurnal EduMatSains. Vol 4 (2), hal 111-124.

Handito, Dody. Eko B, dkk. (2022). Analisis Komposisi Bunga Telang (Clitoria Ternatea) Sebagai Antioksidan Alami pada Produk Pangan. Jurnal Prosiding Saintek. Vol 4.

Husna, A., & dkk. (2022). Ekstraksi Pewarna Alami dari Bunga Telang (Clitoria ternata L.) Dengan Variasi Jenis Pelarut dan Lama Ekstaksi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian , 410-418. Jurnal Pendidikan , 1-14.

Marpaung, A. M. (2020). Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) Bagi Kesehatan Manusia. Journal of Functioanl Food and Nutraceutical , Vol 1(2), hal 1-23.

Rifqi, M. (2021). Ekstraksi Antosianin Pada Bunga Telang (Clitoria Ternatea L.): Sebuah Ulasan. Pasundan Food Technology Journal, 8(2), 45-50.

Yurisna, V. C., Nabila, F. S., Radhityaningtyas, D., Listyaningrum, F., & Aini, N. (2022). Potensi Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) sebagai Antibakteri pada Produk Pangan. JITIPARI (Jurnal Ilmiah Teknologi dan Industri Pangan UNISRI), 7(1), 68-77.

Zahara, M. (2022). Ulasan singkat: Deskripsi Kembang Telang (Clitoria ternatea L.) dan Manfaatnya. Jurnal Jeumpa, 9(2), 719-728.

Zainedi, & dkk. (2022). Pengaruh Penambahan Ekstrak Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) Terhadap Karakteristik Marsmallow.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2706-2710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.