PENDIDIKAN KESEHATAN MENTAL PADA ANAK DI PAUD TERPADU QURROTA'AYUN KOTA PEKALONGAN

Dewi Anggraeni, Agus Khumaedy, Lilik Riandita, Ulul Albab, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Kesehatan mental pada anak menjadi salah satu isu dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi sedikit banyak berdampak kepada kesehatan mental anak di mana saat ini anak-anak usia dini tidak dapat dilepaskan dari pengaruh gadget.  Tujuan pengabdian ini untuk memberikan edukasi kepada orang tua terkait dengan pendidikan kesehatan mental anak. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Service Learning (SL) yang mengacu kepada pendekatan Experiental Learning dengan melibatkan sekolah PAUD Terpadu Aisiyah Qurota’ayun sebagai mitra dan orang tua murid. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa pola asuh orang tua dalam keluarga memiliki peran yang signifikan dalam pembentukan mental anak. Kesehatan mental tidak selalu identik dengan gangguan jiwa. tetapi terdapat banyak kecenderungan yang mengindikasi bahwa ada gangguan jiwa ringan dalam anak termasuk kecenderungan untuk menggunakan gadget  secara berlebih sehingga terisolasi dari kehidupan sosial. Dalam membangun kesehatan mental anak perlu kesadaran dari orang tua untuk membangun hubungan yang harmonis dalam lingkungan keluarga. Pengabdian ini berkontribusi terhadap pendidikan parenting bagi orang tua.

Keywords


pendidikan, kesehatan mental, anak, PAUD

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., & Dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (A. Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.); I). Ditjen Pendis Kemenag RI.

Afifah, Rodiah, & Hanifunni. (2021). Konsep Pendidikan Mental Anak Usia Dini (Studi Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyah al-Aulad fi Al-Islam). Jurnal Fashluna, 6(1), 1–87.

Ariadi, P. (2019). Kesehatan Mental dalam Perspektif Islam. Syifa’ MEDIKA: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan. https://doi.org/10.32502/sm.v3i2.1433

Auerbach, R. P., Alonso, J., Axinn, W. G., Cuijpers, P., Ebert, D. D., Green, J. G., Hwang, I., Kessler, R. C., Liu, H., Mortier, P., Nock, M. K., Pinder-Amaker, S., Sampson, N. A., Aguilar-Gaxiola, S., Al-Hamzawi, A., Andrade, L. H., Benjet, C., Caldas-De-Almeida, J. M., Demyttenaere, K., … Bruffaerts, R. (2016). Mental disorders among college students in the World Health Organization World Mental Health Surveys. In Psychological Medicine. https://doi.org/10.1017/S0033291716001665

Ayu, M. (2023). Dampak Negatif Perkembangan IPTEK bagi Kesehatan Mental Penggunanya. Gridkids.Id. https://kids.grid.id/read/473659116/dampak-negatif-perkembangan-iptek-bagi-kesehatan-mental-penggunanya?page=all#:~:text=Perkembangan teknologi bisa memberikan pengaruh,kecemasan%2C stres%2C hingga depresi.

Jateng, H. (2022). 25 Persen Warga Jateng Alami Gangguan Jiwa Ringan. Jatengprov.Go.Id. https://jatengprov.go.id/publik/25-persen-warga-jateng-alami-gangguan-jiwa-ringan/

Latipun, L. (2019). Psikologi Konseling. UMM Press.

Parina, P., Handrianto, B., & Al Hamat, A. (2021). Orang Tua Sebagai Pendidik Dalam Perspertif Abdullah Nasih Ulwan. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i1.4017

Raphael, B., Taylor, M., Jacobs, J., & Looi, J. (2009). Strategies for occupational mental health protection. In Journal of Occupational Health and Safety - Australia and New Zealand.

Waston, W., & Rois, M. (2017). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Psikologi Islam (Studi Pemikiran Prof. Dr. Zakiyah Daradjat). Profetika: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.23917/profetika.v18i1.6298

Yulianti, C., & Putri, S. A. R. (2022). Problematika Komunikasi Orang Tua dan Anak di Era Digital (Studi Fenomenologi pada Keluarga di Desa Sragi Kecamatan Talun Kabupaten Blitar). Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 9(1), 15. https://doi.org/10.37064/jki.v9i1.12067




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3115-3121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.