SOSIALISASI DAN KEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH SERTA PENGHIJAUAN DI SD N 23 PAYAKUMBUH
Abstract
Kurang sadarnya terhadap pengelolaan sumber daya yang baik akan berdampak pada kerusakan lingkungan dan bencana kepada makhluk hidup. Salah satu sikap dan tindakan dalam pencegahan dan upaya perbaikan kerusakan lingkungan adalah dengan sikap peduli lingkungan. Pembentukkan karakter peduli sejak dini dalam menjaga kelestarian lingkungan bisa dilakukan di sekolah. Tujuan pengabdian ini adalah membangun pendidikan karakter peduli Lingkungan sejak dini di SD N 23 Payakumbuh dengan tema “Asri Lingkunganku Asri Sekolahku”. Tahapan Pelakasanaan dibagi menjadi tiga Tahap yaitu Pra pelaksanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Tiga pelaksanaan kegiatan yang terlaksana yaitu Sosialisasi Peduli Lingkungan kepada siswa kelas 3,4,5; Praktik daur ulang sampah (pengolahan sampah plastik) berupa botol plastik menjadi kotak pensil; Penghijauan bersama civitas guru SDN 23 Payakumbuh. Hasil dari kegiatan mengungkapkan bahwa dapat meningkatkan Pendidikan karakter peduli lingkungan sejak dini pada SD N 23 Payakumbuh. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa memahami materi sosialisasi, dan bisa mengaplikasikan secara langsung dalam menjaga lingkungan. Selain itu, juga peningkatan penghijauan setelah adanya penambahan 10 batang pohon di Sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Anwari, M. A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. TA’DIB, XIX(02), 227–252.
Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS untuk Me- numbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al-Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3, 39–51.
Efendi, N., Baskara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Di Sdn 13 Lolong Belanti Padang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 155–165. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9747
Fallo, J. F., Prawira, I., Sagita, I., & ... (2020). Penyuluhan Tentang Kelestarian Lingkungan, Bahaya Sampah Plastik Dan Penggunaan Gadget Di Seluruh Sd Desa Mengesta. Martabe: Jurnal …, 3, 212–216. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/1505
Harisman, K., Frasetya, B., Sudrajat, A., Birnadi, S., & Sholeha, M. (2019). Penanaman Pohon Sebagai Upaya Menjaga Cadangan Air. Al-Khidmat, 2(1), 35–39.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Mahyudin, R. P. (2017). Kajian Permasalahan pengelolaan Sampah dan Dampak Lingkungan DI TPA (tempat Pemrosesan Akhir). Jukung Jurnal Teknik Lingkungan, 4(2), 66–74. https://doi.org/10.20527/jpkmi.v4i2.3843
Nurfaisal, Asfar, A., & Rahmat, A. (2023). i dan Kegiatan Penghijauan di SMA Negeri 5 Tapung. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 316–324.
Purmadi, R. M., Santika, D. M. J., & Wulandari, A. S. (2020). Pentingnya pendidikan konservasi untuk menjaga lingkungan hidup ( studi kasus di Desa Cidahu , Kabupaten Kuningan ). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(4), 602–606.
Purnama, A., Mariaty, Misyanto, & Afitah, I. (2022). Pelatihan pengenalan ekologi ekosistem & konservasi bagi siswa sekolah dasar di kelurahan mungku baru. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 3498–3503.
Syaria, S., Mahsunah, E., Sofiyah, M., Mufidah, N., Muzaidin, M. H., Azhar, M., & Madjid, M. F. (2023). Pelestarian Lingkungan dengan Pembuatan Tempat Sampah dari Bahan Daur Ulang di Desa Sadang. Nusantara Community Empowerment Review, 1(1), 1–7.
Tarigan, J., Setyo Sasongko, A., Prasetiyo, H., Hendriawan, D., Nurshalim, M., Hasan, A. F., & Khalis, N. (2021). Pendidikan Lingkungan untuk Siswa Sekolah Dasar di Pesisir Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 1(1), 17–22. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmserang
Utama, I. M. P., Nafisah, B. Z., Terasme, Hanan, A., Sugianto, N., & Imansyah. (2020). Praktik Pelestarian Lingkungan Melalui Kegiatan Penanaman Pohon Di Kawasan Pesisir Pantai Mapak Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 1(1), 65–69.
https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2787
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2672-2681
Refbacks
- There are currently no refbacks.