PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RIP SEKOLAH TK

Khoirul Anwar

Abstract


PKM ini bertujuan untuk melakukan pendampingan pengembangan Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) TK ABA 48 ABR. Hal ini sangat penting karena pendampingan ini menunjukkan perubahan  arah pengembangan sekolah secara tepat sehingga menjadikan lebih baik (dengan potensi resiko lebih kecil dan lebih menawarkan kepastian) dan membantu para pengelola TK memberikan arah dan bimbingan menghadapi perubahan kedepan. PKM ini menggunakan empat siklus pendampingan dimana siklus 1-2 untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan dasar dalam perumusan RIPS, sedangkan siklus 3-4 adalah pendampingan melalui workshop dan FGD untuk merumuskan secara benar sesuai dengan kebutuhan sekolah, lalu menverifikasinya dalam daft yang sudah sempurna. Hasil pendampingan mengerucutkan bahwa RIPS TK ABA 48 ABR membutuhkan dua sasaran jangka pendek dan menengah pada penataan organisasi dan penguatan layanan sekolah. Penguatan organisasi sekolah meliputi; nilai keislaman dan keindonesiaan dan akhlaqul karimah; nilai nilai kejujuran, keikhlasan, terbuka; meningkatnya reputasi sekolah; Mandiri; dan tercapainya good governance. Selanjutnya Penguatan layanan meliputi; standar infrastruktur; sistem tatakelola sekolah TK yang kredibel, akuntabel, bertanggung dan berkeadilan; Implementasi kurikulum sekolah secara optimal; dan Terwujudnya sumber-sumber pendanaan lain untuk menopang keberlangsungan sekolah. Penataan organisasi dan layanan sekolah TK adalah dua hal mendasar untuk menopang sekolah TK yang berkualitas baik..


Keywords


School Master Development Plan, Kindergarten

Full Text:

PDF

References


Ahmad Naib Komarudin. (2022). Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Motivasi Sekolah Berprestasi Untuk Mewujudkan Kinerja Pembelajaran. J-STAF (Shiddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah), 1(2). https://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/staf/article/view/77

Caingcoy, M. (2022). Competencies and professional development needs of kindergarten teachers. SSRN Electronic Journal, January. https://doi.org/10.2139/ssrn.4063366

Courson, D., & Wallace, C. (2010). Planning a developmentally appropriate program for children. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.623

Cui, Z., Valcke, M., & Vanderlinde, R. (2016). Empirical Study of Parents’ Perceptions of Preschool Teaching Competencies in China. Open Journal of Social Sciences, 04(02), 1–7. https://doi.org/10.4236/jss.2016.42001

Department of Education and Early Childhood, & Development. (2012). Planning for children in school age care. 1–17.

Dewi, I. P., Syaifuddin, A. R., & Ahmad, K. I. (2023). Development of the Value of Early Childhood Independence (Multi-Site Study at Pembina Kindergarten and Baitul Ma’mur Kindergarten Banjarbaru City)Development of the Value of Early Childhood Independence (Multi-Site Study at Pembina Kindergarten and Baitul Ma’mur Kindergarten Banjarbaru City). International Journal of Social Science and Human Research, 06(06). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i6-29

Erwinsyah, A., Agama, I., Negeri, I., & Abstrak, A. G. (2017). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR. https://core.ac.uk/download/pdf/228816301.pdf

Ger, E., & Roebers, C. M. (2023). The Relationship between Executive Functions, Working Memory, and Intelligence in Kindergarten Children. Journal of Intelligence, 11(4). https://doi.org/10.3390/jintelligence11040064

Kim, J., & Yu, H. M. (2022). Home-Based Parent Involvement, Parental Warmth, and Kindergarten Outcomes Among Children of Immigrant Parents. Early Education and Development. https://doi.org/10.1080/10409289.2022.2153003

Kindergarten, M., & Andriany, D. (2019). Strategic Planning for Students in Little Koala. 178(ICoIE 2018), 613–617.

Lee, A. M. (1970). Planning and Programming. Systems Analysis Frameworks, 192–222. https://doi.org/10.1007/978-1-349-00514-7_11

rahman, A., Lu, M., & Sa, ai. (2022). STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DI SMA NURUL JADID, PAITON, PROBOLINGGO. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/4721

Rahman, K. A., Sihombing, J., Surbakti, Y. M. B., Karo, D. B., & Fadhilah, B. D. (2023). Curriculum Management Paud in Integrated Islamic Kindergarten Fania Salsabila Barokah Jambi. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 372–380. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.306

Rahmawati, D. R., & Sobri, A. Y. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah dan Efikasi Diri Guru terhadap Etos Kerja Guru. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 476–484. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p476-484

Reilly, S. E., Downer, J. T., & Grimm, K. J. (2022). Developmental trajectories of executive functions from preschool to kindergarten. Developmental Science, 25(5). https://doi.org/10.1111/desc.13236

Solehudin, M., Pd, S., & Si, M. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah |20, I(1). https://doi.org/10.28926/jtpdm.v1i1.1

Vargas-Barón, E. (2005). Planning Policies for Early Childhood Development : Guidelines for Action Guidelines for Action. Childhood A Global Journal Of Child Research, 1–108.

Wei, X., & Zeng, J. (2023). A survey on the care and education leadership of private kindergarten directors in China: From the perspective of the post epidemic era. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(3), 656–666. https://doi.org/10.53894/ijirss.v6i3.1728




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2661-2671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.