PENGELOLAAN AIR IRIGASI SECARA BERKELANJUTAN DI DESA TALUMAE KECAMATAN WATANG SIDENRENG KABUPATEN SIDRAP

Rahmawati Rahmawati, Adnan Adnan, Muh. Ari Nugraha

Abstract


Ketersediaan air adalah kendala besar yang dihadapi oleh mitra Sibali Resoe 2 dalam kegiatan pengolahan lahan  pertanian. Mereka hanya mengandalkan hujan untuk pengairannya. Ini membuat terbatasnya kegiatan mereka karena terkendala air. Padahal kegiatan bertani merupakan  mata pencaharian utama. Sudah terbukti di berbagai wilayah, bahwa peran kelompok tani pemakai air dalam pengembangan dan pengelolaan sistem jaringan irigasi cukup besar. Tujuan pengabdian adalah  membantu mitra dalam menyelesaikan masalah produksi      dalam kegiatan pertanian dan manajemen pertanaman yang terkendala dengan rendahnya ketersediaan air untuk kegiatan pertanian. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat adalah metode pengamatan atau survei lahan, melakukan penyuluhan manajemen pertanaman untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat desa talumae serta pengadaan tandon air dalam meningkatkan ketersediaan air irigasi. Dari kegiatan pengabdian di desa Talumae didapatkan  hasil bahwa masyarakat didesa talumae khususnya kelompok tani sibali resoe 2 sangat memahami tentang manajemen pertanaman dalam meningkatkan hasil pertanian dan juga menerapkan budidaya pertanian dengan menggunakan sistem irigasi hemat air.


Keywords


Manajemen pertanaman, jaringan irigasi

Full Text:

PDF

References


Buletin, C. P. (2006). Formalin Bukan Formalitas. Buletin CP. hlm, 1-3.

Cahyadi, I. W. (2023). Analisis & aspek kesehatan bahan tambahan pangan. Bumi Aksara.

Eka, R. (2013). Rahasia Mengetahui Makanan Berbahaya. Guepedia.

Hayati, F., Zain, A., Nisa, U., Hanifah, H., & Syahida, A. F. (2023).

MENINGKATKAN PEMAHAMAN MITIGASI BENCANA PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN SAINS, VIDEO EDUKASI DAN PRAKTIK SIMULASI. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1533-1544.

Idrus, I., Arfianty, A., Hatta, M., Nurhikmah, N., & Fikri, M. N. (2022, October). Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Kompetensi Pelaku Usaha Home Industry di Desa Ujung Lero, Pinrang. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL KULIAH KERJA NYATA MUHAMMADIYAHA'ASYIYAH (Vol. 1, pp. 007-014).

Sitompul, M., Pasaribu, H. M., & Harahap, M. A. S. (2022). Pemanfaatan Irigasi Air Tanah Dangkal Sebagai Sumber Air Irigasi Tanah Pertanian pada Musim Kemarau. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 1(3), 14-18.Wajib, N. M. K., & Pil, S. K. S. STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 TEKNIK SIPIL.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2640-2644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.