PENINGKATAN KAPASITAS GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN BENGKAYANG DALAM MENGHASILKAN KARYA ILMIAH

Ibnur Rusi, Renny Puspita Sari, Gusrizal Gusrizal, Evi Noviani, Elvi Rusmiyanto, Yudha Arman, Cucu Suhery

Abstract


Kompetensi guru merupakan keandalan yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dan memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya. Peningkatan kompetensi wajib dilakukan oleh seorang guru sehingga guru dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada, baik perubahan peraturan, teknologi, maupun kondisi sosial, selain itu karena mengingat peran guru yang menjadi agent of change. Salah satu peningkatan kompetensi yang harus dipenuhi oleh seorang guru adalah pengembangan diri dalam membuat karya tulis ilmiah yang bersumber dari penelitian, dan kemudian dipublikasikan sehingga dapat memberikan manfaat. Banyak manfaat yang dapat diterima oleh seorang guru atas publikasi yang dibuat seperti keberlanjutan profesi guru dalam jenjang karir, sebagai inspirasi bagi guru-guru lain dan contoh baik bagi peserta didik. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura dilakukan untuk memberikan insight positif dan tambahan pengetahuan bagi guru-guru SMA di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. PKM yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menghasilkan karya ilmiah yang sebelumnya menjadi kendala bagi sekelompok guru tingkat SMA di Kabupaten Bengkayang. Terdapat tiga sesi dalam PKM ini pertama yaitu penyampaian materi tentang teknik penelusuran literatur, kedua teknik penulisan sitasi dan daftar pustaka, dan terakhir teknik mengindari plagiasi. Secara keseluruhan PKM yang dilakukan oleh FMIPA Universitas Tanjungpura berjalan dengan lancar, dibuktikan dengan antusiasme peserta PKM melalui tanya jawab dan menghadiri kegiatan PKM secara sempurna.


Keywords


Peningkatan Kompetensi, Karya Ilmiah, Guru, SMA Kabupaten Bengkayang

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, D. A. (2018). Kemampuan literasi informasi peneliti dalam penulisan karya ilmiah di Loka Litbangkes Pangandaran. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 139–150.

Dhamayanti, D., & Sari, L. P. (2019). Aplikasi Pendeteksi Plagiasi pada Universitas Indo Global Mandiri Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(2).

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19.

Gunawan, I. (2021). Analisis Sitasi Pada Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, 2018-2020. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 163.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90.

Haryati, I., Santoso, I., Sudarmaji, Rikfanto, A., Mulyati, R. E. S., & Megawati, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Jerman Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 65–74.

Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 75.

Pattah, S. H. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 2(2), 117–128.

Putra & Saputra. (2019). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215.

Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan : Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Sustainability Professional Development : A Scientific Paper Training Need Analysis for Teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(April), 136–144.

Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. 1(2), 92–102.

Rusdarti, R., Slamet, A., & Prajanti, S. D. W. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Pembuatan Publikasi Ilmiah Melalui Workshop Dan Pendampingan Bagi Guru Sma Kota Semarang. Rekayasa, 16(2), 271–280.

Sinaga, S. Y. (2018). Penggunaan Aplikasi Turnitin Sebagai Sarana Cek Plagiarisme dalam Layanan Perpustakaan Universitas Ukrida. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 123–131.

Wibowo, A. (2012). Pelatihan Teknik Parafrase untuk Mengurangi Tingkat Plagiasi dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Kesmas, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(5), 195–200.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.3049-3056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.