PELATIHAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN UMUM BAGI PELAKU UMKM DI DESA MUARABARU KECAMATAN CILAMAYA WETAN KABUPATEN KARAWANG

Wienike Dinar Pratiwi, Kurnia Dewi Nurfadilah, Ahmad Abdul Karim

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini sejalan dengan adanya krisis perekonomian yang berkelanjutan sehingga membuat masyarakat berinovasi untuk keluar dari kemiskinan melalui UMKM. Pengabdian ini disasarkan kepada pelaku UMKM yang ada di Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Hal itu karena para pelaku UMKM bersangkutan mengalami kesulitan berbicara di depan umum terutama jika harus berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Tujuan pengabdian meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum bagi pelaku UMKM di Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu berupa pelatihan kemampuan berbicara di depan umum yang dilaksanakan pada tanggal 2, 9, 16, dan 23 Oktober 2022. Kegiatan pengabdian diikuti oleh sepuluh pelaku UMKM Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Setelah kegiatan pelatihan dilakukan terjadi peningkatan kemampuan berbicara di depan umum. Dengan demikian pelatihan kemampuan berbicara di depan umum dapat meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum dalam rangka memperluas pangsa pasar.

Keywords


kemampuan berbicara di depan umum; komunikasi; pelatihan; UMKM

Full Text:

PDF

References


’Azmi, H. M., Herianingrum, S., Junaedi, D., Arsyad, M. R., & Salistia, F. (2022). Komunitas Pengusaha Muslim : Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Dukungan Finansial dan Peluang Pasar terhadap Niat Berwirausaha. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1445–1463. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.823

Ariwibowo, P. (2013). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pengentasan Kemiskinan dan Pembangunan Perekonomian di Indonesia. JABE (Journal of Applied Business and …, 1(3), 173–183. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/view/1398

Baetty, B., Sumira, S., Apriyanti, D., Fitria, N., & ... (2021). Pelatihan Public Speaking untuk konten media sosial dalam rangka meningkatkan pemasaran produk UMKM Nagari Bayua. Jurnal Abdimas: Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 18–26. http://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jppm/article/view/646%0Ahttps://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jppm/article/download/646/316

Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Umkm Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Digital Marketing Dengan Graphic Designer Software Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 643–653. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574

Ekon.go.id. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapat-kan-dukungan-pemerintah

Fitrananda, C. A., Anisyahrini, R., & Iqbal, M. (2018). Pelatihan Public Speaking Untuk Menunjang Kemampuan Presentasi Bagi Siswa Sman 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MADANI, 4(2), 66–69.

Gustini, G., Hamid, A., Putri, S., Farozi, N., & Dwisnu, E. (2022). Pelatihan Cara “Transactions dan Promotions” Menggunakan Bahasa Inggris Bagi UMKM di Desa Sumber Arum Kabupaten Seluma. Jurnal Semarak Mengabdi, 1(2), 53–58.

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/4909

Haya, N. A. (2022). Pendahuluan dan Sejarah Koperasi dan UMKM (No. 5xk3d). Center for Open Science.

Hidayatullah, M. R., & Hasbi, H. (2022). Workshop Public Speaking Melatih Mahasiswa Terampil Bicara di Depan Umum. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 54–58. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i1.3864

Idris, M., Jalal, N. M., Daud, M., & Alwi, M. A. (2022). Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Forum Genre Sulawesi Selatan. Jurnal Kebajikan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36–42. https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Ridfah/publication/365610943_MENURUNKAN_TINGKAT_STRES_PADA_TAHANAN_LAPAS_KELAS_II_MASAMBA/links/637a98e91766b34c543f36c8/MENURUNKAN-TINGKAT-STRES-PADA-TAHANAN-LAPAS-KELAS-II-MASAMBA.pdf

Krisnawati, W. (2021). Pelatihan Personal Branding Dan Product Branding Pada Karang Taruna Dalam Meningkatkan Pemasaran Serta Penjualan Produk Umkm Desa Klangonan Gresik Gresik. DedikasiMU(Journal of Community Service), 3(3), 961. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i3.3011

Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359–368. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.888

Mulyani, S., Gunawan, B., & Nurkamid, M. (2021). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi UMKM Kabupaten Pati. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(02), 181–187. https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i02.4526

Nida, F., & Dhiyauhaq, S. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Copywriting untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Banyumas dan Sekitarnya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1832

Nugrahani, N., Kartiko, G., Andhayani, A., & Amerieska, S. (2022). Bimbingan Dan Pelatihan Aspek Legalitas Usaha Dan Perpajakan Pada Usaha Jasa Boga Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 289–295. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.583

Prasetyo, D. Y., Yunita, F., Bindas, A., Abdullah, A., & Samsudin, S. (2022). Pelatihan Dan Pembuatan Website E-Commerce Pada Umkm Mudokufood Tembilahan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 626–637. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4393

Puspanita, I., Machfuzhoh, A., & Pratiwi, R. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pajak Umkm Guna Mendorong Masyarakat Sadar Pajak Di Kota Cilegon. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 375–382. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1073

Rachmawati, R. (2020). Kewirausahaan. Deepublish.

Rahmi, N., Pohan, C. A., Arimbhi, P., Mansur, M., & Zulkifli, Z. (2020). Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana dalam Rangka Pelaksanaan Kebijakan Pajak yang Baru (PP Nomor: 23/2018) Untuk Pelaku UMKM Naik Kelas di Kota Depok. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 152–158. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.738

Rustandi, Y. (2022). Optimalisasi Kemampuan Berbicara Di Depan Publik Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Di Yayasan Pendidikan Islam Al Bashry Kalapanunggal Sukabumi. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 5(1), 9–16.

Rustini, T., Arifin, M. H., Istianti, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dengan Pemanfaatan Aplikasi Bagi Pelaku Umkm Kabupaten Pangandaran Di Masa Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 987–993. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4670

Setiawati, S. D., Diniati, A., Armien, M., & Sutarjo, S. (2022). Pemberdayaan Pelaku UMKM Dalam Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Digital. Abdimas Singkerru, 2(2), 92–98. https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/167

Sulistiani, D. (2014). Analisis Swot sebagai Strategi Perusahaan dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. El-Qudwah.

Sulistyanto, A., Dwinarko, D., Syafrizal, T., & Mujab, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang. Jurnal Abdidas, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.199

Surani, D., & Septiyani, R. D. (2022). Pelatihan English Story Telling Untuk Peningkatan Personel Selling Pelaku Umkm. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(1), 127–132. https://jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/192

Syahbana, A., Muhammad, F., & Musi, S. (2020). Persepsi Wartawan Mengenai Kode Etik Jurnalistik Pasal Satu (Studi Pada Wartawan Kabar. News). Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Komunikasi, 1(3), 700–718.

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602

Tambunan, T. T. (2021). UMKM di Indonesia: Perkembangan, Kendala, dan Tantangan. Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3856-3864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.