PELATIHAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN UMUM BAGI PELAKU UMKM DI DESA MUARABARU KECAMATAN CILAMAYA WETAN KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
’Azmi, H. M., Herianingrum, S., Junaedi, D., Arsyad, M. R., & Salistia, F. (2022). Komunitas Pengusaha Muslim : Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Dukungan Finansial dan Peluang Pasar terhadap Niat Berwirausaha. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1445–1463. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.823
Ariwibowo, P. (2013). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pengentasan Kemiskinan dan Pembangunan Perekonomian di Indonesia. JABE (Journal of Applied Business and …, 1(3), 173–183. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/view/1398
Baetty, B., Sumira, S., Apriyanti, D., Fitria, N., & ... (2021). Pelatihan Public Speaking untuk konten media sosial dalam rangka meningkatkan pemasaran produk UMKM Nagari Bayua. Jurnal Abdimas: Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 18–26. http://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jppm/article/view/646%0Ahttps://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jppm/article/download/646/316
Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Umkm Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Digital Marketing Dengan Graphic Designer Software Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 643–653. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574
Ekon.go.id. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapat-kan-dukungan-pemerintah
Fitrananda, C. A., Anisyahrini, R., & Iqbal, M. (2018). Pelatihan Public Speaking Untuk Menunjang Kemampuan Presentasi Bagi Siswa Sman 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MADANI, 4(2), 66–69.
Gustini, G., Hamid, A., Putri, S., Farozi, N., & Dwisnu, E. (2022). Pelatihan Cara “Transactions dan Promotions” Menggunakan Bahasa Inggris Bagi UMKM di Desa Sumber Arum Kabupaten Seluma. Jurnal Semarak Mengabdi, 1(2), 53–58.
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/4909
Haya, N. A. (2022). Pendahuluan dan Sejarah Koperasi dan UMKM (No. 5xk3d). Center for Open Science.
Hidayatullah, M. R., & Hasbi, H. (2022). Workshop Public Speaking Melatih Mahasiswa Terampil Bicara di Depan Umum. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 54–58. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i1.3864
Idris, M., Jalal, N. M., Daud, M., & Alwi, M. A. (2022). Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Forum Genre Sulawesi Selatan. Jurnal Kebajikan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36–42. https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Ridfah/publication/365610943_MENURUNKAN_TINGKAT_STRES_PADA_TAHANAN_LAPAS_KELAS_II_MASAMBA/links/637a98e91766b34c543f36c8/MENURUNKAN-TINGKAT-STRES-PADA-TAHANAN-LAPAS-KELAS-II-MASAMBA.pdf
Krisnawati, W. (2021). Pelatihan Personal Branding Dan Product Branding Pada Karang Taruna Dalam Meningkatkan Pemasaran Serta Penjualan Produk Umkm Desa Klangonan Gresik Gresik. DedikasiMU(Journal of Community Service), 3(3), 961. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i3.3011
Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359–368. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.888
Mulyani, S., Gunawan, B., & Nurkamid, M. (2021). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi UMKM Kabupaten Pati. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(02), 181–187. https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i02.4526
Nida, F., & Dhiyauhaq, S. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Copywriting untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Banyumas dan Sekitarnya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1832
Nugrahani, N., Kartiko, G., Andhayani, A., & Amerieska, S. (2022). Bimbingan Dan Pelatihan Aspek Legalitas Usaha Dan Perpajakan Pada Usaha Jasa Boga Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 289–295. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.583
Prasetyo, D. Y., Yunita, F., Bindas, A., Abdullah, A., & Samsudin, S. (2022). Pelatihan Dan Pembuatan Website E-Commerce Pada Umkm Mudokufood Tembilahan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 626–637. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4393
Puspanita, I., Machfuzhoh, A., & Pratiwi, R. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pajak Umkm Guna Mendorong Masyarakat Sadar Pajak Di Kota Cilegon. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 375–382. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1073
Rachmawati, R. (2020). Kewirausahaan. Deepublish.
Rahmi, N., Pohan, C. A., Arimbhi, P., Mansur, M., & Zulkifli, Z. (2020). Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana dalam Rangka Pelaksanaan Kebijakan Pajak yang Baru (PP Nomor: 23/2018) Untuk Pelaku UMKM Naik Kelas di Kota Depok. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 152–158. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.738
Rustandi, Y. (2022). Optimalisasi Kemampuan Berbicara Di Depan Publik Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Di Yayasan Pendidikan Islam Al Bashry Kalapanunggal Sukabumi. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 5(1), 9–16.
Rustini, T., Arifin, M. H., Istianti, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dengan Pemanfaatan Aplikasi Bagi Pelaku Umkm Kabupaten Pangandaran Di Masa Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 987–993. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4670
Setiawati, S. D., Diniati, A., Armien, M., & Sutarjo, S. (2022). Pemberdayaan Pelaku UMKM Dalam Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Digital. Abdimas Singkerru, 2(2), 92–98. https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/167
Sulistiani, D. (2014). Analisis Swot sebagai Strategi Perusahaan dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. El-Qudwah.
Sulistyanto, A., Dwinarko, D., Syafrizal, T., & Mujab, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang. Jurnal Abdidas, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.199
Surani, D., & Septiyani, R. D. (2022). Pelatihan English Story Telling Untuk Peningkatan Personel Selling Pelaku Umkm. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(1), 127–132. https://jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/192
Syahbana, A., Muhammad, F., & Musi, S. (2020). Persepsi Wartawan Mengenai Kode Etik Jurnalistik Pasal Satu (Studi Pada Wartawan Kabar. News). Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Komunikasi, 1(3), 700–718.
Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602
Tambunan, T. T. (2021). UMKM di Indonesia: Perkembangan, Kendala, dan Tantangan. Prenada Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3856-3864
Refbacks
- There are currently no refbacks.