SEMINAR EDUKASI PENTINGNYA PENGARUH RASIO KEUANGAN DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PERUSAHAAN

Ni Kadek Vitriea Devi, Kadek Julia Mahadewi

Abstract


PT. Bali Paradise Citra Dewata adalah perusahaan yang bergerak di bidang rekrutmen dan penyediaan tenaga pelaut untuk industri kapal pesiar. Perusahaan ini bergerak di bidang penyaluran jasa, untuk menghubungkan company-company besar dengan calon-calon pegawai atau tenaga kerja. Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memberikan ikhtisar mengenai keadaan keuangan dan perkembangan finansial suatu perusahaan. Untuk itu, peneliti menggunakan studi kasus laporan keuangan yang telah dibuat oleh PT. Bali Paradise Citra Dewata sebagai lokasi PKL untuk dianalisis agar dapat memberikan informasi yang lebih rinci mengenai kinerja keuangan perusahaan yang telah dicapai oleh PT. Bali Paradise Citra Dewata, yang pada akhirnya nanti dapat dipakai sebagai evaluasi terhadap efektifitas kegiatan perusahaan dalam mengelola seluruh aktiva yang ada untuk melihat kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba. Berdasarkan hasil analisis keuangan terkait rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan perhitungan rasio profitabilitas dapat disimpulkan bahwa kondisi keuangan PT. Bali Paradise Citra Dewata berdasarkan laporan keuangan tahun 2020 ada pada kondisi yang sangat baik. Pencatatan keuangan berdasarkan hasil pengamatan penulis juga sangat baik, perusahaan selalu tepat waktu dalam membayar pajak.


Keywords


Analisis Rasio Keuangan, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Amanah, R., Atmanto, D., & Azizah, D. F. (2014). Pengaruh rasio likuiditas dan rasio profitabilitas terhadap harga saham (Studi pada perusahaan Indeks LQ45 periode 2008-2012). Brawijaya University.

Darwis, D., Meylinda, M., & Suaidah, S. (2022). Pengukuran Kinerja Laporan Keuangan Menggunakan Analisis Rasio Profitabilitas Pada Perusahaan Go Public. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 2(1), 19-27.

Hery. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2634-2639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.