PENYULUHAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK KOMPOS DALAM MENANGGULANGI LIMBAH ORGANIK DI KELURAHAN SELILI, KECAMATAN SAMARINDA ILIR, KOTA SAMARINDA

Ghina Adhila, Fitri Handayani, Muhammad Ardiansyah, Halimatus Sya’diyah, Siti Rahma Nurjannah

Abstract


Tujuan dari kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk kompos ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam memanfaatkan sampah organik berdasarkan permasalahan sampah yang terjadi di Kelurahan Selili. Metode yang digunakan yaitu pendampingan dalam pelatihan pembuatan pupuk kompos dengan prosedur kegiatan yang meliputi pemaparan materi, dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan pupuk kompos yang diselingi dengan sesi tanya jawab. Selain itu dilakukan pembagian angket dan lembar pre-post test untuk mengukur ketercapaian tujuan dari kegiatan ini. Sasaran kegiatan ini ialah ibu-ibu Dasawisma dan PKK Kelurahan Selili yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga. Dari hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai pupuk kompos sebesar 30,7% dan pengetahuan peserta tentang tujuan pembuatan pupuk kompos menunjukkan peningkatan sebesar 20% dibanding sebelum diadakannya kegiatan. Dari hasil pengolahan angket sebanyak 87,17% peserta memberikan respon yang sangat baik dan 87,17% peserta juga menganggap kegiatan ini sangat bermanfaat. Adanya kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan melatih keterampilan masyarakat dalam pembuatan pupuk kompos dari sampah organik, sehingga turut menanggulangi masalah kebersihan di Kelurahan Selili.


Keywords


penyuluhan, pelatihan, pupuk kompos, sampah

Full Text:

PDF

References


Apriliana, A., Wahdini, N., Pramaningsih, V., Suhelmi, R. dan Daramusseng, A. 2022. Pendampingan Masyarakat dalam Meningkatkan Pengetahuan Pemilahan Sampah di Kelurahan Selili, Kecamatan Samarida Ilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol.6 No. 1.

Hartono, R. 2008. Penanganan dan Pengolahan Sampah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Hasibuan, R. 2016. Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi. Vol.4 No.1.

Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Tamyiz, M., Hamidah, L. N., Widiyanti, A. dan Rahmayanti, A. 2018. Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Kedungsumur, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Science and Social Development. Vol.1 No.1.

Taufiq, A. dan Maulana, M. F. 2015. Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol.4 No. 1.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Yuwono, D. 2009. Kompos. Jakarta: Penebar Swadaya




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2569-2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.