SOCIALIZATION OF THE IMPORTANCE OF GOOD SERVICE TECHNIQUES TO SUPPORT HOSPITAL QUALITY IN PIRNGADI HOSPITAL MEDAN

Lapiti Gokmatua Sagala, Maduma Sari Sagala, Hafni Cholida Nasution, Nurhasanah Nurhasanah, Azwar Anas Manurung

Abstract


Rumah sakit adalah salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, rumah sakit memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatan harapan kesehatan masyarakat.  Sasaran  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat ini  adalah  staf-staf  atau  pegawai  yang  bekerja di RSUD  Pirngadi  Medan Jl. Prof H. Yamin  no 47 Medan. Adapun  peserta  yang mengikuti  berjumlah 30 orang. Kegiatan  pengabdian masyarakat ini di laksanakan pada tanggal 04 juli 2023. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi dan ceramah. Dengan judul sosialisasi teknik pelayanan  yang  baik  untuk  mendukung kualitas  Rumah Sakit pada Rumah sakit Pirngadi Medan.

Keywords


teknik pelayanan, kualitas rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Gary dan Philip Kotler. 1996. Principles of Marketing. 7th edition. Prentice Hall International Inc, New Jersey.

Parasuraman, et al. 1998. Service quality : A multiple item scale for measuring consumer perception of service quality

Azwar,Azrul., 1994. Pengantar Administrasi Kesehatan, Edisi ketiga, Ciputat,. Tangerang : Binarupa

Blank, W.E. 1982. Handbook for Developing Competency-Based Training Programs. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice-Hall.

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Rakhmad, Jalauddin,l999, Metode Penelitian Komunikasi, penerbit Remadja Rosdakarya, Bandung.

Sekaran, Uma, 1992, Research Method For Bussiness: A Skill Building Approach, Second Edition, John Wiley & Son Inc, New York.

Sitepu, Nirwana K, 1994, Analisis Jalur, UPT jurusan Statistik, Universitas Padjajaran Bandung.

Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung

Tjiptono, Fandi dan Anastasia Diana, 2001, Total Quality Management, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2576-2579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.