ANALISIS KEBIJAKAN PEMBIAYAAN TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM PADA PT. BFI FINANCE INDONESIA Tbk. CABANG DENPASAR

Luh Gede Erda Erliana Dewi, Kadek Julia Mahadewi

Abstract


Tingginya pertumbuhan UMKM di Denpasar berdampak positif dari segi penyerapan tenaga kerja, pemerataan pembangunan khususnya di bidang ekonomi dan peningkatan pendapatan domestik regional bruto. Pertumbuhan UMKM tentu mengharuskan pelaku UMKM memiliki modal yang memadai untuk membangun usahanya. PT BFI Finance Indonesia Tbk dikenal sebagai perusahaan pembiayaan yang menawarkan penyaluran dana terhadap pihak-pihak yang membutuhkannya seperti, pembiayaan modal kerja, pembiayaan sales lease back, dan pembiayaan tanpa agunan untuk UMKM. BFI Finance sudah tercatat sebagai lembaga pembiayaan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam mengajukan dana pembiayaan UMKM terdapat kebijakan yang harus ditaati nasabah. Pada praktik kerja lapangan yang dilakukan memiliki tujuan untuk membantu pelayanan dan menganalisis kebijakan-kebijakan pengajuan dana pada UMKM. Ada 2 jenis pinjaman modal kerja di PT. BFI Finance Indonesia Tbk. Cabang Denpasar yaitu: Pinjaman Jaminan BPKB Mobil dan Pinjaman Jaminan Motor. Dengan adanya perusahaan pembiayaan seperti BFI Finance, pemberian pinjaman untuk modal usaha bagi para UMKM menjadi lebih mudah.


Keywords


kebijakan, UMKM, PT. BFI Finance

Full Text:

PDF

References


Amri, Fahimul. 2015. “Permasalahan UMKM: Strategi Dan Kebijakan.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Pluralisme Dalam Ekonomi Dan Pendidikan 1(9): 368–80.

Anggraeni, Devi, and Erna Herlinawati. 2019. “Analisis Model Pembiayaan Umkm Melalui Peran Lembaga Keuangan Mikro.” Image : Jurnal Riset Manajemen 8(1): 21–27.

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data PKL (Praktek Kerja Lapangan) Di Devisi Humas Pada PT Pegadaian. Jurnal Intra Tech, 2(2), 12-26.

Erni, Dwi Regina. 2022. “Pengaruh Pembiayaan Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) (Studi Kasus Nasabah Pembiayaan Mikro Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Pekanbaru).” : 1–23.

Johan STIE Wiyata Mandala, Suwinto. 2017. “Analisis Struktur Industri Pembiayaan Indonesia.” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis 1(1): 18–25.

Muktiadji, Nusa, and Heri Sastra. 2013. “Analisis Modal Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Perusahaan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 1(3): 229–36.

Nugroho, Adityo. 2014. “Konsumtif & Strategi Penyelesaian Kredit ( Studi Di PT BFI Finance Indonesia Tbk , Cabang Kota Malang ).”

Ridwansyah, Okta Supriyaningsih, and Dania Hellin Amrina. 2021. “Peran Pembiayaan Terhadap Usaha Kecilmikro Dan Menengah (Umkm) Pada Era Covid -19 Di Provinsi Lampung.” http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap.

Saadiah, Riza. 2019. “Peran Lembaga Keuangan Terhadap Pengembangan Umkm Di Kota Malang.” Jurnal Pangripta 2(1): 321–32.

https://pelakuekonomi.malangkota.go.id/index.php/PANGRIPTA/article/view/49.

Sabilah, R. K. (2018). Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Pt. Valdo Sumber Daya Mandiri.

Sari, E K A Kurnia, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, D A N Bisnis, and Universitas Brawijaya. 2017. “Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Sebelum Dan Sesudah Menerima Pembiayaan Lembaga Keuangan (Studi Kasus : Pelaku Umkm Pengusaha Wanita Pada Paguyupan Perempuan Mandiri Sumber Perubahan Di Kota Malang).”

Setiadi, F. (2013). Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Bagian Jasa Keuangan Di Pt Pos Indonesia Kantor Pos Jakarta Timur.

Siregar, Annisaq Ulfa. 2018. “Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Setelah Memperoleh Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus: Koperasi Syariah Mitra Niaga Aceh Besar).” Energies 6(1): 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110.

Suryani, Annisa. 2022. “Pengaruh Eksistensi Financial Technology Terhadap Perkembangan Umkm Di Kabupaten Karanganyar (Studi Komunitas UMKM JOOSS Karanganyar).” : 1–23.

Widyawati, Agnes Maria Janni. 2019. “Peranan Leasing Sebagai Lembaga Pembiayaan Perusahaan.” Hukum Dan Dinamika Masyarakat 17(1): 20–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2554-2561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.