PENDAMPINGAN ORANGTUA MELALUI POSKO MITRA KELUARGA RESPONSIF GENDER DI SPNF-SKB BENGKULU TENGAH

Ari Putra, Elwan Stiadi

Abstract


Pengabdian pada masyarakat ini merupakan pengabdian berbasis riset. Kajian ini mengangkat isu perlindungan anak, ketidakadilan gender yang marak terjadi di dalam masyarakat bahkan dalam kelompok terkecil masyarakat yaitu keluarga. Pengabdian berbasis riset ini menjadi suplemen bagi orang tua dalam memperoleh pemahaman dan keterampilan melalui posko mitra keluarga responsive gender sehingga pemberian perlindungan kepada anak menjadi optimal. Program pengabdian ini dilakukan dengan tahapan pendampingan, mulai dari identifikasi kebutuhan masalah perlindungan anak responsive gender, analisis masalah, merumuskan solusi, implementasi, dan evaluasi program. Tahap akhir program ini adalah meningkatnya kompetensi orang tua dalam perlindungan anak serta berdampaknya posko mitra keluarga sebagai sarana belajar orang tua untuk belajar dan berbagi praktik baik dalam perlindungan anak. Pengabdian ini diselenggarakan secara intensif, yaitu selama bulan April-Mei. Hasil pengabdian ini ditemukan informasi bahwa berdasarkan identifikasi kasus kekerasan fisik, verbal, psikis, labelling kepada anak masih kerap terjadi, dan perlindungan kepada anak yang responsif gender belum dapat terealisasi sepenuhnya. Orang tua bahkan belum memahami hak dan kebutuhan anak sehingga perkembangan anak menjadi tidak optimal. Kebutuhan akan kelas belajar orang tua dalam rangka mengedukasi konsepsi perlindungan responsive gender terselenggara dengan menerapkan cara belajar dewasa bena. Pemahaman orang tua selama pendampingan intensif mengenai perlindungan responsive gender meningkat. Pengembangan pos mitra keluarga responsive gender menjadi solusi bagi SPNF- SKB Bengkulu Tengah untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam memberikan perlindungan kepada anak yang responsive gender.


Keywords


Pendampingan Orangtua; Pos Mitra Keluarga Responsif Gender; Perlindungan Anak; SPNF-SKB Bengkulu Tengah

Full Text:

PDF

References


Anizman-Razin, M., Kark, R., & Saguy, T. (2018). Putting gender on the table: Understanding reactions to women who discuss gender inequality. Group Processes & Intergroup Relations, 21(5), 690–706.

Apriliandra, S., & Krisnani, H. (2021). Perilaku diskriminatif pada perempuan akibat kuatnya budaya patriarki di indonesia ditinjau dari perspektif konflik. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.31968

Chi, J. (2018). The importance of gender in early childhood education policy. Brooking. https://www.brookings.edu/blog/education-plus-development/2018/11/05/the-importance-of-gender-in-early-childhood-education-policy/

GAM. (2022). Gender equality measures in child protection. GAM. https://www.iascgenderwithagemarker.com/gender-equality-measures-in-child-protection/

Knowles, M. (1975). Andragogy: Concepts for adult learning. Departement of Heatlth, Education and Welfare.

Lewis, J. (2009). Work-family balance, gender and policy. Edward Elgar Publishing.

Mita, M., RA, G. N. R., Fradianto, I., lili Neri, E., & Fauzan, S. (2023). Edukasi Bahaya Bullying Pada Anak Sekolah Dasar. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1664-1667.

Nethan, A., Ikhtiarin, A. D., Agustin, V. M., Yuel, M. V. D. B., Subandi, Y., & Nuswantoro, B. S. (2022). Upaya Penyelesaian Polemik Rancangan Undang-Undang Kesetaraan Dan Keadilan Gender (Ruu Kkg) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.38043/jids.v6i2.3612

Nurhaeni, I. D. A. (2022). Modul dan bahan ajar konsep gender dalam bidang penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan. Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Unicef. (2022a). How parents can help break the cycle of discrimination.: What is gender-responsive parenting? Unicef. https://www.unicef.org/parenting/child-development/what-gender-responsive-parenting

Unicef. (2022b). Right from the start: Advancing gender equality through early childhood education. Unicef. https://www.unicef-irc.org/article/2321-right-from-the-start-ece.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2453-2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.