PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID TIMBANGAN SAPI DI DESA BINAAN SUMBER MULYA KECAMATAN BULIK KABUPATEN LAMANDAU

Nurliani Erni, Dyah Triasih

Abstract


Pengabdian masyarakat dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada peternak dalam memanfaatkan Aplikasi Android berupa Timbangan Sapi yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2023 di Desa Sumber Mulya Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau. Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu survei tempat pengabdian, penyusunan media pendukung pelatihan, sosialisasi dan pelatihan, praktek pemanfaatan aplikasi dengan cara mengambil data ukuran tubuh ternak berupa panjang badan dan lingkar dada serta pendampingan dalam mempraktekkan aplikasi pada kehidupan sehari-hari. Pelatihan diikuti oleh 25 orang peserta yang sangat antusias dalam berdiskusi, memberikan argumen dan mengikuti kegiatan praktek dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar dan peserta setuju memanfaatkan aplikasi Timbangan Sapi untuk menduga bobot badan ternaknya.


Keywords


android, lamandau, pelatihan, sapi, timbangan

Full Text:

PDF

References


Ariyani, N.F., Ahmadiyah, A.S., Munif, A., Anggraeni, R.N.E., Sungkono, K.R., dan Sarno, R. 2022. Perbaikan dan Pemanfaatan Aplikasi Android Pencatatan Hewan Ternak (Siternak) di Desa Binaan LAZ Al-Azhar. Sewagati. Vol.6, No.5: hal 567–573.

BAPPEDA (Badan Pemerintah Daerah). (2018). LKPJ Bupati Lamandau Tahun 2018. Lamandau.

Dewantari, Made. 2018. Penerapan Teknik Penaksiran Bobot Badan Sapi Potong yang Dipelihara Secara Tradisional Berdasarkan Dimensi Tubuhnya pada Kelompok Petrenak di Desa Kelating, Kecamatan Kerambitan Tabanan. Laporan Pengabdian Masyarakat. Program Studi Peternakan. Fakultas Peternakan. Udayana. Bali.

Nasution, N., M. Arief H., dan David S. 2018. Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android Sebagai Bekal Technopreneurship Untuk Peningkatan Daya Ekonomi Mandiri Alumni SMK di Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.2, No.3: hal 136-149.

SIMLUHTAN (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian). (2023). Rekap kelompok tani per wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten Lamandau BP3K Bpp Bulik Kecamatan Bulik.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2447-2452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.