IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI TIM AUDIT

Ni Made Nopi Narayani, Kadek Julia Mahadewi

Abstract


pkan pada tantangan kolaborasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kolaborasi merupakan perbuatan kerja sama. Tahun 2023 merupakan tahun pengembangan program Society 5.0 atau Masyarakat 5.0. Society 5.0 adalah era baru pada kehidupan bermasyarakat yang telah terintegrasi menggunakan sistem teknologi berupa IoT (Internet of Things) serta AI (Artificial Intelligence) yang mampu memproses big data dan menganalisa data. Era Society 5.0 teknologi tidak hanya untuk menyebarkan isu tetapi juga untuk menjalani kehidupan. Salah satu contoh pengaplikasian Society 5.0 ini adalah dengan konsep IoT yaitu dengan pengaplikasian Cloud Computing System. Cloud computing merupakan campuran penggunaan teknologi komputer atau komputasi dan pengembangan berbasis cloud atau internet. Pengguna bisa mengakses data lebih mudah melalui internet dan kolaborasi tim yang efektif tanpa terbatas oleh batasan fisik. Peningkatan kolaborasi tim audit dapat terjadi dengan menggunakan layanan penyimpanan cloud dan aplikasi kolaborasi yang disediakan oleh cloud computing. Tim audit dapat dengan mudah berbagi dokumen, mengakses data secara real-time, dan bekerja secara bersama-sama dalam satu platform yang dapat diakses dari berbagai lokasi. Dengan skalabilitas dan elastisitas yang ditawarkan oleh cloud computing, tim audit dapat dengan mudah mengatur dan menyesuaikan sumber daya komputasi sesuai kebutuhan mereka saat melakukan audit. Selain itu, keamanan data yang kuat dan solusi pemulihan bencana yang efisien dalam cloud computing juga dapat membantu tim audit. Dengan demikian, cloud computing dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja tim audit dalam melakukan tugas-tugas mereka.


Keywords


Audit team, Cloud computing, Collaboration

Full Text:

PDF

References


Andarsyah, R., & Rizkiansyah, I. (2021). Aplikasi Approval Management System Document Purchasing Pada Office 365 Menggunakan Metode Agile Software Dev. Jurnal Teknik Informatika, 13(2), 31-37.

Duha, T., Laia, F., Ridwan, M. K., & Maryana, T. (2022). Cloud Computing: Solusi Untuk Information And Communication Technology. Jurnal Informatika, 1(2), 60-71.

Fadilla, M. K., Sugiantoro, B., & Prayudi, Y. (2022). Membangun Framework Konseptual Terintegrasi Menggunakan Metode Composite Logic untuk Cloud Forensic Readiness pada Organisasi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(1), 144-153.

Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., ... & Rindi Wulandari, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Febriyana, N., Utami, S., Armadhani, V., Putri, M. N. A., & Christian, J.

(2023). STUDI LITERATUR: REMOTE AUDIT. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran, 1(3), 108-120.

Firmansyah, A., & Prakosa, D. K. (2021). Edukasi terkait optimalisasi peran profesi akuntan pada era revolusi industri 4.0 dan tantangan society 5.0. Pengmasku, 1(2), 69-76.

Luthfia, F., Mulyana, R., & Ramadani, L. (2022). STUDI KASUS PENGARUH TATA KELOLA TI TERHADAP TRANSFORMASI DIGITAL DAN KINERJA BANK B. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 100-116.

Pierson, J., & Shandy, C. E. (2023). ANALISIS PENERAPAN REMOTE AUDITING PADA AUDITOR EKSTERNAL DI ERA NEW NORMAL. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 16(1), 33-50.

Prakosa, D. K., & Firmansyah, A. (2022). Apakah Revolusi Industri 5.0 Dapat Menghilangkan Profesi Akuntan?. Jurnalku, 2(3), 316-340.

Putra, N. S., Ritchi, H., & Alfian, A. (2023). Hubungan Big Data Analytics Terhadap Kualitas Audit: Penerapan pada Instansi Pemerintah. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 11(1), 57-72.

Rachmad, Y. E., Dewantara, R., Junaidi, S., Firdaus, M., & Sulistianto, S. W. (2023). MASTERING CLOUD COMPUTING (Foundations and Applications Programming). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sudipa, I. G. I., Rahman, R., Fauzi, M., Pongpalilu, F., Setiawan, Z., Huda, M., ... & Sahusilawane, W. (2023). PENERAPAN SISTEM INFORMASI DI BERBAGAI BIDANG. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Susilo, E. H. (2023). Strategi Percepatan Digitalisasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Menuju Tranformasi Digital Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 859-874.

Zebua, R. S. Y., Hendriyani, C., Sukmadewi, R., Thaha, A. R., Tahir, R., Purbasari, R., ... & Juansa, A. (2023). BISNIS DIGITAL: Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk Menghadapi Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2372-2379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.