UPAYA STRATEGI PEMASARAN DAN PEMBUATAN ABON DARI IKAN LELE PADA DESA SUMPINGHAYU
Abstract
Sumpinghayu adalah sebuah desa di salah satu kabupaten Cilacap, dan berfungsi sebagai pusat penting bagi industri lele dan pertanian padi dan peternakan kota. Letak Sumpinghayu yang strategis dengan akses air yang mudah dan kondisi alam yang indah kondusif untuk produksi kerajinan tangan dan penjualan lele, abon lele, dan produk ikan lainnya, menjadikannya ideal untuk pertumbuhan ekonomi lokal. Sementara beberapa telah bekerja sama dengan pemilik usaha, industri abon lele masih menghadapi tantangan dalam pemasaran dan penjualan karena kurangnya keahlian pemasaran. Promosi Abon Lele khususnya adalah salah satu bidang di mana layanan ini bercita-cita untuk membantu usaha kecil dan menengah. Alat untuk mewujudkan rencana termasuk kunjungan ke lokasi, wawancara mendalam, dan seminar pemasaran. Kemasan abon lele yang baik, abon lele berkualitas tinggi yang dibumbui dengan bahan-bahan alami, pilihan menu abon lele yang lebih beragam, peluncuran kehadiran media sosial di seluruh platform seperti Facebook, Instagram, Telegram, dan video youtube hasil dari waktu dan usaha yang diinvestasikan dalam strategi pemasaran yang ditawarkan. Selain itu, penting untuk mempraktikkan teknik pemasaran yang aman untuk menghindari penipuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitriana, A., Setyanugraha, R.S. and Hasibuan, R.R., 2021. Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Masyarakat yang Mandiri Kelurahan Teluk Kabupaten Banyumas. Perwira Journal of Community Development, 1(1), pp.37-41.
Hasibuan, R.R., Setyanugraha, R.S., Amelia, S.R., Arofah, A.A. and Pratiwi, A.R., 2021. Penyuluhan Pemanfaatan Air Nira Pohon Kelapa Menjadi Gula Semut untuk Meningkatkan Perkonomian Desa Kuripan Kabupaten Cilacap. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), pp.107-111.
Hasibuan, R.R. and Pratiwi, A.R., 2021. Anteseden Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Di Kabupaten Banyumas. Tirtayasa Ekonomika, 16(2), pp.253-265.
Hasibuan, R. R., & Setyanugraha, R. S. (2021). IMPACT OF THE COMPANY'S SERVICE QUALITY DIMENSION ON CUSTOMER CUSTOMER SATISFACTION AT IMALEZ MULTY CORP COOPERATIVE. Perwira International Journal of Economics & Business, 1(1), 19-28.
Hasibuan, R.R., 2021. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN TENAGA PENJUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK IMPORT ORIFLAME DI SPO 1507. JURNAL EKONOMI, 11(2), pp.1-12.
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty,N., & Siregar, L. D. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
Rahmad.ani, Wardayani, Nurlinda, Nurhayati, Supriyanto, Sugianto, Elserra Siemin Ciamas, & Dewi Angg.raini. (2021). Pendampingan UMKM Hebat dengan Inovasi Produk, Pemasaran Digital, dan Pengelolaan Keua.ngan Pada Usaha Cekeremes di Kecamatan Medan Tuntungan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepa.da Masyarakat), 2(2), 147–157. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.637
Rahmadi, R., Soolany, C. and Pratama, A.R., 2018. Penerapan Manajemen Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM Gula Merah di Kabupaten Cilacap. JTI-UNUGHA (Jurnal Teknologi Industri-UNUGHA), 2(2).
Reza, R. R. H., Almas, A. R. D., Widya, W. U., Nisa, A. N. K., & Diky, D. F. M. (2022). Pengembangan Niche Marketing Online Desa Pariwisata Berbasis Konten Lokal dan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sedarhana. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 141-146.
R.ozie, F., Syarif, I., Al Rasyid, M. U. H., & Satriyanto, E. (2021). Sistem Akuaponik untuk Peternakan Lele d.an Tanaman Kangkung Hidroponik Berbasis IoT danSistem Inferensi Fuzzy. Jurnal Teknologi Informasi dan Il.mu Komputer (JTIIK), 8, 157-166.
S.afitri, H., & Vebriani, V. (2020). Pelatihan Pemasaran Digital pada UKM Cita Rasa Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten K.ubu Raya. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 17 (2), 88. https://doi.org/10.29406/br.v17i2.2382
Setyanugraha, R.S., Fitriana, A. and Hasibuan, R.R., 2021. Festival Wisata Online Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran Dan Peningkatan Kinerja Keuangan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), pp.54-62.
Setyanugraha, S. and Hasibuan, R.R., 2020. ANTESEDEN LOYALITAS KONSUMEN DARI PEMBERIAN LAYANAN PRODUK INTERNET PT. LAXO. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), pp.21-30.
Suwono, S., & Reza Rahmadi Hasibuan. (2022). Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kualitas Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal E-Bis, 6(2), 606-619. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.1019
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2263-2271
Refbacks
- There are currently no refbacks.