MENUMBUHKAN JIWA NASIONALISME DAN SEMANGAT BELAJAR

Nourma Yunita, Mohammad Fathoni, Annisa Aulia Agustin, Elma Kurnia, Nurul Fitria

Abstract


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik Kelompok 11 prodi PGSD melakukan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan dengan membawa beberapa tema, diantaranya dalam bidang pendidikan. Latar belakang  dalam memilih tema  didasarkan atas analisis situasi, kondisi  serta  hasil observasi yang ada di lokasi kegiatan KKN berlangsung yaitu di desa kedungsumber gresik. Program kegiatan dengan tema pendidikan yaitu mengadakan beberapa lomba dalam perayaan HUT RI ke-77 dan pelayanan bimbingan belajar kepada anak sekolah dasar. Acara lomba ini diselenggarakan di UPT SDN 129 Gresik, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik merlaksanakan program kerja dari Tim KKN Universitas Muhammadiyah Gresik Kelompok 11 prodi PGSD yaitu kegiatan pembelajaran terbimbing. Hal tersebut memiliki berperan penting dalam perkembangan belajar anak, hal ini karena tidak hanya diperoleh di sekolah saja, tetapi pembelajaran  yang didapat diluar sekolah memiliki dampak yang sangat  besar dan sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Dalam hal ini pendidikan Non Formal  memiliki banyak manfaat  dimana dapat meningkatkan minat atau ketertarikan siswa dalam belajar serta wawasan yang luas tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara , hal ini juga dapat membantu menciptakan.


Keywords


HUT RI, pendidikan, bimbingan, UPT SDN 129 Gresik, siswa, Non Formal.

Full Text:

PDF

References


Choirul Anam, F. R. (2021). Peningkatan Pendidikan Anak Melalui Lomba Story Telling di Bukit Cioray Kabupaten Bogor. Seminar Nasional Publikasi Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2254-2258.

Debby Itsnani Sya’ban, A. A. (2021). LOMBA MEWARNAI UNTUK ANAK ANAK

DI MASA PANDEMI COVID-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ , 3.

Dewi Saroh, U. U. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa SD Melalui Program Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi. Jurnal Abdimas PHB Vol.5 No.2, 280.

Prasetya, I. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKNDik, Vol. 1 No. 1, 31.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2208-2215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.