SESI PEMANFAATAN TANAMAN GENJER (LIMNOCHARIS FLAVA) MENJADI KERIPIK YANG BERNILAI JUAL

Nurafifah Nurafifah, Nayla Jingga Pratiwi, Citra Pratiwi, Mardian Mardian, Afiq Azizah, Andi Rizkiyah Hasbi, Sapar Sapar

Abstract


Pemanfaatan tanaman Genjer (Limnocharis Flava) menjadi keripik yang bernilai jual.Tujuan program kreativitas mahasiswa-kewirausahaan (PKM-K) adalah membangkitkan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha dalam mengelolah tanaman genjer (Limnocharis Flava) menjadi keripik yang bernilai jual.Metode pelaksanaan program ini adalah input, proses (produksi), output, dan evaluasi. Hasil program ini adalah input, melakukan survei pasar untuk mengetahui kondisi pasar. Selanjutnya Selanjutnya adalah studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Tahap terakhir adalah pemilihan bahan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi. Proses (produksi), proses pembuatan keripik genjer mulai dari persiapan bahan dan alat sampai keripik genjer siap dipasarkan. Output, yaitu hasil keripik genjer yang siap digunakan dan dipasarkan kepada konsumen. Yang terakhir adalah evaluasi, yaitu tahapan ini dilaksanakan pada saat produksi produk keripik genjer  telah selesai dilakukan. Pada tahap ini akan meninjau tentang kekurangan-kekurangan apa saja yang membuat konsumen tidak menyukai produk kami. Kesimpulan program PKM-K pemanfaatan tanaman Genjer (Limnocharis Flava) menjadi keripik yang bernilai jual dapat memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk tetap inovatif dan kreatif dalam mengolah tanaman Genjer (Limnocharis Flava), memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk praktik wirausaha dengan pemahaman konsep wirausaha yang komprehensif, dan membangun semangat mahasiswa untuk tetap berbisnis.


Keywords


Genjer, Limnocharis Flava, Chips

Full Text:

PDF

References


Haryati, M., Purnomo, T., & Sunu, K. (2012). Kemampuan Tanaman Genjer (Limnocharis Flava (L.)Buch.) Menyerap Logam Berat Timbal (Pb) Limbah Cair Kertas pada Biomassa dan Waktu Pemaparan Yang Berbeda. LenteraBio, 1(3), 131–138.

Husni, P., Fadhiilah, M. L., & Hasanah, U. (2020). FORMULASI DAN UJI STABILITAS FISIK GRANUL INSTAN SERBUK KERING TANGKAI GENJER (Limnocharis flava (L.) Buchenau.) SEBAGAI SUPLEMEN PENAMBAH SERAT. Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.29313/jiff.v3i1.5163

Jacoeb, A. M., Abdullah, A., & Rusydi, R. (2010). KARAKTERISTIK MIKROSKOPIS DAN KOMPONEN BIOAKTIF TANAMAN GENJER (Limnocharis flava) DARI SITU GEDE BOGOR. Jurnal Sumberdaya Perairan., 4(2), 1–7.

jamaluddin. (2018). pengelohan aneka kerupuk dan keripik bahan pangan.

Juhaeti, T. (2013). RESPON GENJER { Limnocharis flava ( L .) Buchenau .} TERHADAP PEMUPUKAN DAN POTENSI GIZINYA UNTUK DIVERSIFIKASI KONSUMSI SAYURAN * [ Responses of Velvet Leaf { Limnocharis flava ( L .) Buchenau .} to Fertilizer Treatments and Its Nutrition Potential for V. 12(April), 107–116.

Lestari, A. P., Lestari, A., & Izzalqurny, T. R. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis “SAYKRIZZ” Keripik Sayur. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE, 2(1), 93–102.

Maria Hevlyn Limbong, I. S. R. J. N. (2017). Pengaruh Perbandingan Bubur Genjer Dengan Labu Jipang DanJumlah Glukosa Terhadap Mutu Vegetable Leather. 5(3), 446–452.

Nurjanah, N.-, Mardiono Jacoeb, A., Ramlan, & Abdullah, A. (2020). Penambahan Genjer (Limnocharis flava) pada Pembuatan Garam Rumput Laut Hijau untuk Penderita Hipertensi. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 23(3), 459–469. https://doi.org/10.17844/jphpi.v23i3.32462

Rahmawati, P. Z., & Sa’diyah, D. C. (2020). Penetapan Kadar Vitamin B1 Pada Genjer (Limnocharis Flava) Dengan Pengukusan Menggunakan Spektrofotometer Uv-Vis. The Journal of Muhammadiyah Medical Laboratory Technologist, 3(2), 1. https://doi.org/10.30651/jmlt.v3i2.4782

Yuniarta, A., Ramadhan, A. R., Nasrudin, R. A., Prio, A., Santoso, A., Suyatno, A., & Bangsa, D. (2022). KERIPIK di Toko MINARASA SODITAN ,. 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2175-2183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.