SOSIALISASI PENGEMBANGAN SOFT SKILL PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN PELITA HARAPAN MEDAN

Winda Sri Astuti Doloksaribu, Purnama Yanti Purba, Maisara Batubara, Esther Pradja Anggriany Panggabean, Mangasi Butarbutar

Abstract


Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan perubahan perilaku pada anak dan masyarakat dalam melakukan aktivitas. Permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak panti asuhan Pelita Harapan adalah kurangnya pengetahuan dan ketrampilan soft skill, hal ini disebabkan karena minimnya pendidikan dan pelatihan yang diberikan. Anak-anak panti asuhan merupakan generasi bangsa yang membutuhkan perhatian, bimbingan dan perkembangan ketrampilan agar menjadi manusia yang berkualitas dan memiliki masa depan yang penuh harapan. Metode yang dilakukan dalam PKM adalah kualitatif deksriptif melalui diskusi dan pelatihan. Pelatihan soft skill yang diberikan dosen Universitas Prima Indonesia memiliki tujuan untuk melatih kemampuan berfikir anak-anak, mengembangkan potensi diri, memberikan motivasi untuk berfikir inovatif dan menghasilkan karya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dilingkungan untuk meningkatkan perekonomian di masa depan.

Keywords


Soft Skill, Pendidikan, Pelatihan, Inovatif

Full Text:

PDF

References


Arvianto, Muhammad Irfan. 2014. Pengembangan Aspek Soft Skill Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Pada Mata Pelajaran Membubut Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Gombong. Skripsi. UNY

Google Maps. (2023). No Title

Karyadiputra, Erfan, et al. "Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis Ti Dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhu’Afa Yayasan Al-Ashr Banjarmasin." Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary 4.2 (2019)

Muhammad Yaumi. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran, Cetakan Pertama, Jakarta : Prenadamedia Group.

Sipayung, S.N.M,. & Purba, P.Y (2022). Peningkatan Soft skill dan Motivasi Belajar Anak Panti Asuhan Bait Allah Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 2 (2), 104 – 109.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2123-2127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.