PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PERADONG UNTUK PENCEGAHAN PERKAWINAN ANAK DAN STUNTING DALAM KERANGKA PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT (PATBM)

Tiara Ramadhani, Micahel Jeffri Sinabutar, Hidayati Hidayati

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan perkawinan  anak dan stunting di Desa Peradong, Bangka Barat. Hal ini berangkat dari permasalahan tingginya angka perkawinan anak dan stunting di Desa Peradong. Pernikahan anak merupakan salah satu bentuk kekerasan terhadap anak. Anak yang terpaksa menikah atau harus menikah sebelum usia 19 tahun karena alasan tertentu lebih rentan dalam hal akses pendidikan, kesehatan yang berkualitas, risiko kekerasan, dan hidup dalam kemiskinan. Dampak dari pernikahan anak tidak hanya berdampak pada anak yang menikah, namun juga berdampak pada anak yang lahir dan berpotensi menciptakan kemiskinan antargenerasi. PKK Desa Peradong merupakan mitra dalam program pengabdian kepada masyarakat yang akan dilakukan melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai cara meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mencegah perkawinan anak dan mencegah stunting. Sehingga diharapkan dari kegiatan ini dapat mengembangkan suatu inovasi dalam mengurangi angka perkawinan anak dan pengentasan stunting di Desa Peradong berbasis masyarakat dengan trust, bonding, bridging dan linking yang kuat ditunjang dengan monitoring dan evaluasi program yang dijalankan. Sinergi antara program pengabdian tersebut di masa depan akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan secara mandiri dalam mencegah perkawinan anak dan permasalahan stunting. Luaran yang diharapkan dari hasil kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah publikasi pada jurnal bereputasi, dan artikel di media massa, serta kertas kebijakan penanganan perkawinan anak dan stunting.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Edukasi, Perkawinan Anak, Stunting, Perlindungan Anak Terpadu

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Kinanti Rahmadhita, “Permasalahan Stunting Dan Pencegahannya,” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 11, no. 1 (2020): 225–229.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

https://bangka.tribunnews.com/2022/01/27/10-desa-di-simpang-teritip-memilikikasus-stunting-tinggi-syamsuri-sebut-ada-faktor-pola-hidup

https://detik.com/bali/berita/d-6483876/stunting-adalah-penyebab-gejala-dan-caramencegahnya.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/03/kekerasan-seksual-jadi-jenisyang-paling-banyak-dialami-korban-sepanjang-2022

https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/4357/kemen-pppa-perkawinan-anakdi-indonesia-sudah-mengkhawatirkan

https://mediaindonesia.com/nusantara/506764/kasus-stunting-di-babel-terbanyak-dibabar




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2159-2165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.