PEMBERDAYAAN UMKM PEDAGANG CAMPURAN BERBASIS PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENCATATAN KEUANGAN DI KELURAHAN PAMMASE KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG

Darmawan Darmawan, Ruslang T, Muhammad Roem Prakasa Ibrahim, Sri Handayani

Abstract


UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam menopang perekonomian suatu daerah. Tetapi terkadang UMKM sendiri memiliki banyak sekali permasalahan yang dihadapi dalam proses perkembangannya terutama ketika UMKM tersebut diperhadapkan dengan pihak ketiga dalam hal ini adalah perbankan untuk menopang sektor permodalannya, tetapi terkadang hal tersebut tidak dapat terpenuhi dengan alasan bahwa UMKM tersebut tidak dapat menunjukkan laporan keuangan sesuai dengan kriteria yang diinginkan perbankan. UMKM pedagang campuran yang berada di Kelurahan Pammase Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang masih menganggap remeh pencatatan keuangan dan belum melakukan pemisahan antara harta pribadi pemilik dengan harta usahanya. Dalam proses pengambilan keputusan keuangan, terkadang masing menggunakan perasaan dan pengalaman selama ini. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan PKM ini adalah mengenalkan kepada pelaku UMKM pentingnya pengelolaan keuangan serta bagaimana melakukan pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan dengan mengacu pada aturan dalam Standar Akuntansi yang berlaku sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi. Metode yang akan dilakukan agar tujuan dapat tercapai diantaranya melalui tahapan kegiatan yang diawali dengan melakukan sosialisasi dalam bentuk FGD dengan mitra dan stakeholder, pelaksanaan workshop/Pelatihan/Penyuluhan untuk peningkatan kemampuan dalam pengelolaan keuangan serta melakukan pendampingan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan.


Keywords


Pemberdayaan, pelatihan dan pendampingan, laporan keuangan

Full Text:

PDF

References


Center, U. (2020). UKM Center UI Kaji Kendala Digitalisasi UKM Universitas Indonesia, ui.ac.id/ukm center.

Fitria, D. (2014). Buku Pintar Akuntansi untuk Orang Awam & Pemula (L. Aksara (ed.)).

Jusuf, A. H. (2011). Dasar Dasar Akuntansi (Edisi Ketu).

Miles, M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). UI Press.

Priharto. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Accurate. https://accurate.id/marketingmanajemen/indikator-kepuasan-pelanggan/

Risnawati, N. (2018). Permasalahan Dan Upaya Pemberdayaannya… 145. IX(2), 145–161.

Sodikin, S. S. (2017). Akuntansi Pengantar 2 Berbasis SAK ETAP 2009.

Yanita, P., Carolina, C., & Johanda, A. (2020). Pelatihan Pengelolaan Dan Penertiban Pembukuan Sederhana UMKM Didesa Pinggir Air. 2(2), 45–48.

Zakiyyah, A. M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Keuangan di UMKM Rindu.Id di Kabupaten Jember. Journal of Community Development, 1(2), 36–40. https://doi.org/10.47134/comdev.v1i2.9




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2103-2106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.