PELATIHAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI PADA PELANGGAN DI YAYASAN RUMAH BINAR BANGSA

Ricky Widyananda Putra, Dhika Purnama Putra, Elizabeth Elizabeth, Luthfiyana Viska Candra

Abstract


Dalam menerapkan pendekatan desain komunikasi visual pada suatu produk atau karya diperlukan pengenalan unsur-unsur desain didalamnya. Sehingga menjadikan desain komunikasi visual sebagai bentuk media alternatif dalam penyampaian informasi, sehingga melahirkan makna pada pelanggan dan menghadirkan pemahaman informasi pada khalayak. Dengan beberapa landasan ini maka kami melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan konsep pelatihan desain komunikasi visual sebagai bentuk komunikasi pada pelanggan di yayasan rumah binar bangsa. Adapun subjek pengabdian masyarakat ini adalah para siswa di Yayasan Rumah Binar Bangsa, Jl. Sumatra 1A RT03 /RW010, Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414, Banten. Target yang ingin dicapai oleh program pengabdian masyarakat ini adalah agar peserta didik dapat memiliki meningkatkan kemampuan dalam memproduksi pesan informasi kepada khalayak dengan menerapkan pendekatan desain komunikasi visual sehingga dapat dipahami oleh para individu yang melihatnya.


Keywords


Desain Komunikasi Visual, Komunikasi, Segmentasi.

Full Text:

PDF

References


Alhasbi, F., Rochmawan, A. E., Wulandari, I. A., & Amin, L. H. (2022). PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK MEMBENTUK IDENTITAS. AL HAZIQ: Journal of Community Service, 10-24

Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan desain mockup dan logo sebagai branding produk untuk meningkatkan nilai jual bagi UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2640-2651.

Darmawanto, E., & Pambudi, F. B. S. (2020). Genteng Wuwung Berbasis Desain Komunikasi Visual Dalam Pengembangan Branding Desa Mayong Lor, Jepara. Imajinasi: Jurnal Seni, 14(2), 131-140.

Firdaus, A., Arsa, I. K. S., & Julianto, I. N. L. (2022). Desain Media Promosi Coaster untuk Berdaya dalam Keterbatasan Bersama Difabel di Yayasan Bunga Bali. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22-34.

Putra, R. W., Lestari, R., & Putra, T. (2022). Penerapan Visual Identity Pada Produk Bank Sampah Universitas Budi Luhur. Artinara, 1(01).

Sari, W. P., & Irena, L. (2021). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3).

Sari, W. P., Sholihah, Z., & Masali, F. (2023). DIGITAL BRANDING UMKM MELALUI KOMUNIKASI VISUAL. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 129-134.

Vista, T. A., Putra, R. W., & Annissa, J. (2022). Penerapan Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Pada Hotel Galuh Prambanan Yogyakarta. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(10), 1139-1145.

Widyastuti, P. A. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 167-180.

Zahra, M. F. A. (2022). PERAN PROFESI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA DUNIA INDUSTRI KREATIF DI ERA PASCA PANDEMIC. Jurnal Nawala Visual, 4(2), 87-93.

BPS (2013). Data Statistik Kependudukan. Badan Pusat Statistik Kota Padangsidempuan.

Cahyadi, W. 2009. Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan, Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Eka, R. 2013. Rahasia Mengetahui Makanan Berbahaya. Jakarta: Titik Media Publisher.

Depdiknas. 2002. Sains. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 1.

Sukardi.2004. Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2081-2086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.