PENYULUHAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA POHON BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG

Rospala Hanisah Yukti Sari

Abstract


Calistung merupakan kemampuan dasar yang wajib bagi manusia sebagai makhluk sosial dan
sebagai alat untuk memperoleh berbagai pengetahuan. Calistung mulai diajarkan pada usia 4
Tahun hingga awal masuk Sekolah Dasar. Telah banyak upaya yang dilaksanakan para
praktisi pendidikan untuk membantu siswa dalam belajar Calistung. Salah satu upaya yang
dapat dilaksanakan agar siswa bisa Calistung yaitu dengan alat peraga Pohon Berhitung dan
Kotak Energi. Tujuan dari kegiatan ini adalah adanya perubahan dalam antusiasme dan
semangat siswa dalam belajar. Hasil dari aktivitas Pengabdian Masyarakat ini adalah adanya
peningkatan antusiasme siswa serta semangat untuk belajar dalam Calistung serta adanya
keseimbangan antara bermain dengan belajar, dan tanpa disadari mereka bermain itu adalah
termasuk belajar.

Keywords


membaca, menulis, berhitung, calistung

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2015). Pengantar Pendidikan, Asas dan Filsafat Pendidikan (Cet.1). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Akbar, R.I., Marlina, Hamidah, A. (2020). Pohon Hitung Sebagai Media Pengembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Panca Sakti. Universitas Pembangunan Jaya, 2(2), 39- 51.

Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592

Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746.

Hartini, Maimunah Sri, Adisel Adisel, Dan Septi Fitriana. 2021. “Implementasi Kegiatan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Menstimulasi Kemampuan Calistung Siswa Kelas II SD.” Journal Of Elementary School (Joes) 4(1):31–36. Doi: 10.31539/Joes.V4i1.2025.

Juwairiah. (2013). Alat Peraga dan Media Pembelajaran Kimia. Stikip Bina Bangsa Getsempena. 4(1), 1-13.

La Sule, S., Wondal, R. & Mahmuud, N.(2021). Pemanfaatan Media Pohon Angka untuk Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Khairun.

Rachman, Y. A. (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 14-22.

Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini. Athfaluna, 58 -63.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2075-2080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.