PELATIHAN MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM DI KOTA PEMATANG SIANTAR
Abstract
Artikel ini membahas tentang pelaksanaan pelatihan manajemen strategi pemasaran digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Lazismu Kota Pematang Siantar. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman UMKM tentang pemasaran digital, mengenali peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital, dan mempelajari praktik terbaik dalam memanfaatkan media digital untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan pelatihan, persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman, keterampilan, dan manfaat yang signifikan bagi UMKM. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis UMKM, serta memiliki implikasi praktis yang signifikan dalam pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan lapangan kerja. Disarankan untuk melibatkan lebih banyak UMKM dan melakukan pengembangan program pelatihan yang berkelanjutan untuk memastikan kesinambungan penggunaan strategi pemasaran digital oleh UMKM di Kota Pematang Siantar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa Rismawati, D., & Sapta Yuniarto, A. (2022). PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL PADA KM ALUMINIUM SOROSUTAN YOGYAKARTA. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(10), 3707–3714. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3707-3714
Elizar, E., & Tanjung, H. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2239
Khair, H. (2021). Kinerja Sumberdaya Organisasi Dalam Perspektif Kewirausahaan Sebagai Upaya Peningkatan Keuntungan Usaha UMKM. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 401–406. https://doi.org/https://doi.org/ 10.30596/snk.v1i1.3639
Nurhidayah, F., Mutira, P., Purnamasari, R., Uzliawati, L., Ismail, T., Ramdhani, D., Abu Hanifah, I., Bastian, E., Yazid, H., & Sholikhan, A. (2022). PELUANG DAN TANTANGAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 695–698. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i2.695-698
Puspita Sari, D., Istifadhoh, N., Saidatur Rolianah, W., Albar, K., Muhlis, dan, Perbankan Syariah, P., Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik, S., & Ekonomi Syariah, P. (2022). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI DESA KARANGREJO KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3429–3435. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3429-3435
Tirtayasa, S., Nadra, I., & Khair, H. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19 The Effect of Marketing Strategy on Improving SMEsPerformance is moderated by Technology during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 20371. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7395
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2034-2040
Refbacks
- There are currently no refbacks.