PENDAMPINGAN PENINGKATAN KESEHATAN MENTAL PASCA PANDEMI COVID-19

N Juni Triastuti, Retno Sintowati, Erna Herawati, Nurhayani Nurhayani, Sri Wahyu B, Tri Agustina, Nur Mahmudah

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang mengambil tajuk tentang penyuluhan dalam rangka peningkatan Kesehatan mental pasca pandemic COVID-19 ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengurangi dampak pandemic COVID-19 terutama dalam hal Kesehatan mental. Seperti diketahui bahwasanya kondisi pandemic COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2019 menyisakan permasalahan diantaranya dikarenakan banyaknya penderita yang terkonfirmasi COVID-19 yang sedikit banyak mempengaruhi Kesehatan mental masyarakat.  Kawasan perkotaan termasuk yang terkena dampak pandemic COVID-19. Permasalahan yang dihadapi oleh TK Aisyah Bustanul Athfal adalah untuk peningkatan Kesehatan mental ini yaitu: belum adanya pengetahuan tentang peningkatan kesehatan mental pasca pandemic. Usulan yang kami tawarkan berkaitan dengan permasalahan ini, kami sebagai tim yang mengusulkan untuk memberikan penawaran terhadap pemecahan masalah tersebut dengan pemberian pendampingan peningkatan Kesehatan mental pasca pandemic. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyelenggaraan pendampingan pelatihan peningkatan tentang Kesehatan mental yang meliputi pencegahan kecemasan, stress dan depresi untuk meningkatkan Kesehatan mental pada guru TK, dan walimurid.


Keywords


kesehatan mental, kecemasan, stres, depresi, pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Aminullah, M.A. 2013. Kecemasan Antara Siswa SMP dan Santri Pondok Pesantren.JIPT. 01: 205-215

Anita, I.W. 2014. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity.3:125-126

Anbarasan, Sri, S. 2015. Gambaran Hidup Lansia dengan HIPERTENSI DI Wilayah Kerja Puskesmas pada periode 27 Februari sampai 14 Maret 2015. Vol.4 No. 1;113-124.

Crawford, J.R., Henry, J.D. 2003. The Depression Anxiety Stress Scales (DASS): Normative data and latent structure in a large non-clinical sample. British Journal of Clinical Psychology. 42:111–113

Dorlan. 2015. Kamus Kedokteran Dorlan. Jakarta: EGC. Pp.725

Gilhotra, N., Dhingra, D. 2010. Neurochemichal Modulation and Anciety Disorders. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences.vol. 2 : 2-4

Hawari, H.D. 2011. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Edisi 2. Jakarta: Balai Penerbit FKUI. pp. 63-84

Kaplan HI, Saddock BJ, Grebb J.A. 2010. Sinopsis psikiatri. jilid 2.Terjemahan Widjaja Kusuma. Jakarta : Bina Rupa Aksara:1997. Pp. 17-79

Katz, C., Stein, M.B., Sareen, J. 2013. Anxiety Disorders in the DSM-5: New Rules on Diagnosis and Treatment. Mood and Anxiety Disorders Rounds. Canadian Network for Mood and Anxiety Treatments. 2:1-4

Kemkes, 2022. Kemenkes Perkuat Jaringan Layanan Kesehatan Jiwa di Seluruh Fasyankes. Available at: https://www.kemkes.go.id/article/view/22101200002/kemenkes-perkuat-jaringan-layanan-kesehatan-jiwa-di-seluruh-fasyankes.html

Maramis, W.F., Maramis, A.A., 2012.Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Edisi 2. Surabaya: AUP 600/01.13/09.09 (11.0)

Nurdiyanto F.A., Harjanti E.P., 2022. The hidden impacts: Identifying psychological burdens during the Covid-19 pandemic. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi,2022, 7:130. Available at: https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/17472

Perwitasari, D.T., Nurbeti, N., Armyanti, I. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkatan Stres pada Tenaga Kesehatan di RS Universitas Tanjungpura Pontianak Tahun 2015. Jurnal Cerebellum. Vol 2. Nomor 3.

Ririn, Asmidir, Marjohan. 2013. Hubungan Antara Ketrampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum (Studi Korelasional Terhadap Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP Angkatan 2011). Jurnal Ilmiah Konselor. 2:273-278

Riskesdas, 2018. Laporan Riskesdas 2018 Nasional. http://repository.bkpk.kemkes.go.id

Riskesdas, 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). https://www.litbang.kemkes.go.id

Silitonga R., Faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup penderita penyakit parkinson di poliklinik saraf RS dr. Kariadi. Semarang. Universitas Diponegoro, 2007.

Sugiyono S., Darnoto S., 2017. Pengaruh Pelatihan Pencegahan Demam Berdarah Dengue

(Dbd) Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa Di Sdn Wirogunan I Kartasura Kabupaten

Sukoharjo. Jurnal Kesehatan,2017, 9:84-91. https://journals.ums.ac.id/index.php/JK/article/view/4594

Triastuti, N.J. 2013. Hubungan Self Directed Learning Readiness Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa tingkat Pertama. Biomedika. https://journals.ums.ac.id/index.php/biomedika/article/view/273

Triastuti, NJ, Herawati, E. Demographic characteristics and anxiety in the educational setting during the COVID-19 pandemic in Indonesia: a cross-sectional study. Health Sci Rep. 2022; 5:e792. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/hsr2.792

Triastuti, N. J. (2023). The Comparison of Dengue Haemorrhagic Fever Cases in Indonesia During the COVID-19 Pandemic. Journal of Medicinal and Chemical Sciences, 6(6), 1336-1343. https://doi.org/10.26655/JMCHEMSCI.2023.6.13. https://www.jmchemsci.com/article_160669.html

World Health Organization 2004. The World Health ORGANIZATION Qulity of Life WHOQOL-BREF. Diakses dari http;www.who.int/substance abuse/research-tool/en/indonesian-whoqol.pdf.

Yuliati, A., Baroya, N., Ririanty, M. 2014. The Different of Quality of Life Among the Elderly who Living at Community and Social Services. E-Journal Pustaka Kesehatan. Vol. 2.No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2021-2026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.