PELATIHAN MERANCANG MODUL P5 UNTUK GURU TAMAN KANAK-KANAK

Nini Aryani, Herwina Herwina, Lina Safitri, Deefa Fitri Maharani

Abstract


Kurikulum Merdeka pada saat ini telah mulai digunakan oleh satuan pendidikan dengan menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. Dengan menjalankan P5 ini maka diharapkan guru dapat menemani proses pembelajaran anak untuk dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karater luhur sebagaimana yang digalakkan dalam Profil Pelajar Pancasila. Selain itu juga guru dituntut untuk membuat Modul P5 agar pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung guru berperan sebagai fasilitator, namun pada kenyataannya sebagian besar guru belum mampu membuat Modul P5 sebagai perangkat ajar dalam kegiatan projek.

Hal inilah maka diperlukan pendampingan dan pelatihan secara khusus yang memberikan pengetahuan mendalam pada guru terkait dalam membuat Modul P5 (yang selanjutnya disebut Modul P5) sehingga dapat meningkatkan pemahaman terhadap hakikat dan konsep Kurikulum Merdeka sekaligus dapat meningkatkan kompetensi guru dalam sistem pembelajaran. Sasaran dalam kegiatan ini adalah Guru-guru Taman kanak-kanak yang berjumlah 25 orang. Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan modul Projek dilaksanakan selama 4 bulan. Selanjutnya dilaksanakan pendampingan setiap sekolah dan kegiatan ini disampaikan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan praktik pembuatan modul projek dan implementasikan di sekolah masing-masing.


Keywords


Pelatihan, Modul Projek, P5

Full Text:

PDF

References


Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila

Istiq’faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Lintang Songo : Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10.

I Gede Purwana Edi Saputra, Luh Sukariasih, Nur Fajriah Muchlis. (2022). Penyusunan Modul P5 (P5) menggunakan Flip PDF Profesional bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. Volume 5. Hal. 1941- 1954

Kemdikbudristek (2021), Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jakarta

Litbang Kemdikbud. (2020). Naskah Akademik Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nila Kesumawati, Destiniar, Dina Octaria dkk. Pelatihan Pembuatan Modul Ajar bagi Guru SMA/SMK di Tebing Tinggi. Jurnal Absyara Vol. 2 No. 2. Hal. 246-256

Permendikbud No 4 tahun 2022 tentang standar Pendidikan Nasional

Rosyida Nurul Anwar (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian kepada Masyarakat). Vol. 1 No. 1 . Hal. 102-109

Revita Yuni, Roni Afriadi. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Kondisional untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Handayani Vol. 11 No. 2. Hal. 144-152.

Sulistyati, Dyah. Wahyaningsih, Sri Wijania, Wayan.2021 Buku Panduan Guru Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Satuan PAUD:Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan PerbukuanKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Utami Maulida. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Tarbawi, Vol. 5 No. 2, Hal. 130-138




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1959-1965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.